Pesawat Luar Angkasa India Akan Sampai Matahari Minggu Awal 2024

Kamis, 21 Desember 2023 - 11:14 WIB
loading...
Pesawat Luar Angkasa India Akan Sampai Matahari Minggu Awal 2024
Pesawat Luar Angkasa India Akan sampai Matahari. FOTO/ WION NEWS
A A A
BEIJING - Pesawat ruang angkasa Surya Surya Aditya-L1 India dijadwalkan mencapai Lagrange Point 1 (L1) pada minggu pertama Januari 2024, kata Menteri Luar Angkasa India , Jitendra Singh.



L1 adalah titik stabilitas gravitasi di mana gaya gravitasi dari Matahari dan Bumi saling meniadakan. Pesawat ruang angkasa Aditya-L1 akan ditempatkan di L1 untuk mempelajari Matahari dari jarak yang dekat.

Pesawat ruang angkasa Aditya-L1 diluncurkan pada 28 Februari 2023 dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di Sriharikota, India. Pesawat ruang angkasa ini membawa berbagai instrumen untuk mempelajari Matahari, termasuk spektrometer, kamera, dan magnetometer.

Singh mengatakan bahwa Aditya-L1 adalah misi penting bagi India karena akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Matahari. Dia mengatakan bahwa data yang dikumpulkan oleh Aditya-L1 akan bermanfaat bagi ilmuwan di seluruh dunia.

"Aditya-L1 adalah misi penting bagi India dan dunia. Ini akan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Matahari," kata Singh seperti dilansir dari Wion News, Kamis (21/12/2023).

"Data yang dikumpulkan oleh Aditya-L1 akan bermanfaat bagi ilmuwan di seluruh dunia." tambahnya

Pesawat ruang angkasa Aditya-L1 memiliki massa sekitar 1.500 kilogram dan memiliki dimensi sekitar 3,8 meter x 2,5 meter x 2,5 meter. Pesawat ruang angkasa ini akan mengorbit Matahari di L1 selama lima tahun.

Aditya-L1 adalah proyek gabungan dari Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO) dan Badan Antariksa Eropa (ESA). ISRO bertanggung jawab untuk mengembangkan dan meluncurkan pesawat ruang angkasa, sedangkan ESA bertanggung jawab untuk menyediakan instrumen sains.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)