Gunakan AI, Microsoft Copilot Memungkinkan Pengguna Bikin Lagu dengan Perintah Teks

Rabu, 20 Desember 2023 - 22:05 WIB
loading...
Gunakan AI, Microsoft Copilot Memungkinkan Pengguna Bikin Lagu dengan Perintah Teks
Microsoft Copilot memiliki alat baru yang memungkinkan pengguna membuat lagu menggunakan satu baris teks. Foto/Mashabl
A A A
NEW YORK - Microsoft Copilot memiliki alat baru yang memungkinkan pengguna membuat lagu menggunakan satu baris teks. Alat ini merupakan integrasi dengan Suno AI , sebuah aplikasi yang dibuat oleh musisi dan pakar kecerdasan buatan untuk pembuatan musik AI sederhana.

Alat tersebut dapat digunakan dengan masuk ke Copilot menggunakan akun Microsoft Anda, lalu mengaktifkan plugin Suno. Seperti semua kecerdasan buatan yang digunakan untuk tujuan kreatif, perlu dicatat bahwa menjadi seorang musisi menggunakan satu perintah teks mungkin tidak semudah kedengarannya.

Menurut FAQ Suno, hak cipta musik yang dihasilkan adalah milik Suno jika pengguna menggunakan versi gratis aplikasi, namun menjadi milik pengguna jika mereka berlangganan Pro atau Premier. Meskipun begitu, situs Suno masih belum mengetahui dengan jelas bagaimana AI-nya menciptakan musik, atau musik apa yang telah dilatih untuk digunakan.



Mashable telah menghubungi Suno untuk meminta klarifikasi, namun salah satu FAQ mereka menjelaskan bahwa kepemilikan, paling-paling, berada di area abu-abu alias tidak jelas.

“Ketersediaan dan cakupan perlindungan hak cipta untuk konten yang dihasilkan (seluruhnya atau sebagian) menggunakan kecerdasan buatan adalah bidang hukum yang kompleks dan dinamis, yang berkembang pesat dan bervariasi antar negara,” demikian isi FAQ.
Gunakan AI, Microsoft Copilot Memungkinkan Pengguna Bikin Lagu dengan Perintah Teks


“Kami mendorong Anda untuk berkonsultasi dengan pengacara yang berkualifikasi untuk memberi tahu Anda tentang perkembangan terkini dan tingkat perlindungan hak cipta yang tersedia untuk keluaran yang Anda hasilkan menggunakan Suno," lanjut situs Suno.



Masalah AI dan hak cipta telah menjadi sorotan tahun ini dan tidak hanya di industri musik. Beberapa bulan yang lalu sejumlah penulis terkenal bersatu untuk menuntut OpenAI, pemilik ChatGPT, mengklaim bahwa perusahaan tersebut telah melanggar hak cipta mereka dengan menggunakan karya mereka untuk melatih AI-nya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)