Sambangi Subang Jabar, Alam Ganjar Ajak Anak Muda Geluti Peluang Usaha Pertanian

Sabtu, 16 Desember 2023 - 15:42 WIB
loading...
Sambangi Subang Jabar, Alam Ganjar Ajak Anak Muda Geluti Peluang Usaha Pertanian
Alam Ganjar mengunjungi sejumlah titik di Subang, Sabtu (16/12/2023). Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Saung Bibit di Dangdeur, Subang. Foto/MPI
A A A
SUBANG - Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengunjungi sejumlah titik di Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023). Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Saung Bibit yang terletak di Dangdeur, Kecamatan Subang.

Dalam kunjungannya Alam ditemani Komunitas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang.



"Tadi melakukan sarapan dan penanaman bibit pohon bersama warga, harapannya semua yang dilakukan di sini bisa berdampak jangka panjang," ungkap Alam putra tunggal Capres Ganjar Pranowo dan Siti Atiqoh.

Dengan adanya penanaman pohon dan tumbuhan, diharapkan menjadi momentum agar masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.



Di sisi lain, Alam ingin mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan untuk dijadikan hasil bumi agar kondisi alam yang ada tetap lestari tapi tetap bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

"Dari sini kita bisa belajar bagaimana memanfaatkan lahan yang ada di sekitar untuk menghasilkan sesuatu hasil bumi yang bisa digunakan oleh warga sekitar," kata Alam.


Dengan menerapkan prinsip agroforestri, Alam yakin langkah tersebut bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat terutama pemuda yang selama ini belum banyak melirik sektor tersebut.

"Ini jadi salah satu mata pencaharian yang punya potensi luar biasa karena sektor pertanian bagi anak muda itu masih jarang dilirik. Padahal secara pendapatan dan dampak dalam memenuhi kebutuhan pangan cukup besar," kata Alam.

Dengan demikian, Alam mengajak pemuda untuk terlibat dan terjun langsung dalam menekuni industri tersebut.

"Menaruh mindset kota, yang meliputi kreatifitas, manajerial dan inovasi, kemudian kita implementasikan di desa agar kita bisa berkontribusi untuk memajukan wilayah pedesaan," pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1113 seconds (0.1#10.140)