Kasus Reklamasi, Polisi Akan Periksa Menteri Sofyan di Kantornya

Senin, 29 Januari 2018 - 15:30 WIB
Kasus Reklamasi, Polisi Akan Periksa Menteri Sofyan di Kantornya
Kasus Reklamasi, Polisi Akan Periksa Menteri Sofyan di Kantornya
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya bakal meminta keterangan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ART/BPN) Sofyan Djalil terkait proyek reklamasi di teluk Jakarta. Menteri berasal dari kalangan profesional ini akan diperiksa sebagai saksi dalam kasus tersebut.

Hal itu disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. Kata dia, pemeriksaan tersebut akan berlangsung di kantor Sofyan hari ini. (Baca Juga: Anies Bahas Draf Pembatalan HGB Reklamasi Sebelum Dikirim ke BPN
"Penyidik yang akan ke kantor beliau sesuai kesediaan waktu beliau," ujarnya di Jakarta, Senin (29/1/2018). (Baca Juga: Konsisten Tolak Reklamasi, Anies Batalkan Sertifikat HGB di 3 Pulau
Dalam surat yang ditandatangani Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan pada 24 Januari 2018 itu menyebutkan, jika Sofyan diperiksa sebagai saksi. Dalam surat itu juga dijelaskan, Sofyan akan diminta keterangan dalam dugaan tindak pidana korupsi tidak melaksanakan kewajiban reklamasi yang diatur dalam Pasal 74 huruf b Juncto Pasal 34 ayat 2 Undang-Undang RI Nomor 1 tahun 2014 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 27 tahun 2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil.

Pemeriksaan berkaitan dengan tindak pidana Korupsi Menyalahgunakan Wewenang dalam Pasal 2 ayat 1 dan Pasal 3 UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 3, Pasal 4, Pasal 5 UU RI Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Keterangan itu juga berkaitan dengan dugaan korupsi yang terjadi sekitar 2015 sampai sekarang di Pantai Utara Jakarta. (Baca Juga: Pembatalan HGB Pulau Reklamasi, Sandiaga: Belum Ada Surat dari BPN(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0708 seconds (0.1#10.140)