100 Hari Kerja, Anies-Sandi Tunaikan Janji Kampanye

Rabu, 24 Januari 2018 - 14:18 WIB
100 Hari Kerja, Anies-Sandi Tunaikan Janji Kampanye
100 Hari Kerja, Anies-Sandi Tunaikan Janji Kampanye
A A A
JAKARTA - Masa kerja Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno hari ini, Rabu (24/1/2017) genap 100 hari. Pasangan yang diusung oleh dua partai politik (parpol), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada Pemilihan Gubernur 2017 ini resmi dilantik pada Senin 16 Oktober tahun lalu.

Sejauh ini Anies-Sandi telah merealisasikan janji-janji saat kampanye pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017 lalu. Janji kampanye yang mulai direalisasikan di antaranya adalah menata Kampung Aquarium, Tolak Reklamasi, menutup lokalisasi prostitusi di Hotel Alexis, menyediakan rumah Down Payment (DP) nol Rupiah, kemudian One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship (OK OCE), dan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Tanah Abang.

1. Penataan Kampung Aquarium
Anies-Sandi pernah berjanji akan menata kampung yang pernah digusur oleh pemerintahan sebelumnya. Penataan akan dilakukan dengan peremajaan (urban renewal). Kini, janji itu mulai direalisasikan. (Baca Juga: Anies-Sandi Gagas Rumah Berlapis, Kampung Akuarium Jadi Percontohan)

Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membuat shelter yang diperuntukkan warga Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara yang terlantar setelah digusur oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Wakilnya, Djarot Saiful Hidayat. (Baca Juga: Pembangunan Shelter di Kampung Akuarium Mendekati Rampung)

2. Tolak Reklamasi
Pasangan Anies-Sandi juga berjanji dalam kampanyenya bakal menolak reklamasi di teluk Jakarta. Hal itu juga mulai dibuktikan dengan melayangkan surat pembatalan sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) di 3 pulau reklamasi, yakni pulau C, D, dan G. Surat tersebut bukti dari konsistensi kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menolak reklamasi.

Kepala Biro Hukum Pemprov DKI Jakarta Yayan Yuhanah mengatakan surat nomor 2373/-1.794.2 yang ditandatangani pada 29 Desember 2017 tersebut sudah dikirim ke Kepala BPN, Sofyan Djalil. "Kita sudah kirim ke BPN," kata Yayan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (8/1/2018). (Baca Juga: Konsisten Tolak Reklamasi, Anies Batalkan Sertifikat HGB di 3 Pulau)

Bahkan untuk membuktikan janjinya itu, Anies telah mencabut dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Dua Raperda yang dicabut itu adalah Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K). (Baca Juga: Cabut 2 Raperda, Anies Hentikan Proyek Reklamasi Teluk Jakarta)

3. Menutup Surga Dunia Alexis
Tak hanya menolak Reklamasi dan penataan kampung Aquarium, Anies-Sandi juga mulai menepati janji kampanyenya , yakni menutup surga dunia di Hotel Alexis. Anies resmi menutup surga dunia Alexis yang berada di Pademangan, Jakarta Utara pada bulan Oktober 2017 tak lama dirinya resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. (Baca Juga: Resmi, Pemprov DKI Tutup 'Surga Dunia' Alexis)

4. Rumah DP Nol Rupiah
Janji ini diperuntukkan bagi warga yang berpenghasilan rendah ini sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup warga Jakarta, terutama mereka yang belum punya tempat tinggal. Anies juga terus berupaya memenuhi janjinya saat kampanye pilkada lalu.

Kini, Anies sudah menentukan lokasi untuk membuktikan janji tersebut. Rumah DP nol Rupiah itu dibangun secara vertikal di Kelapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Sebanyak 703 unit dihadirkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang menjadi sasaran program DP 0 Rupiah. (Baca Juga: Mulai Bangun Rumah DP Nol Rupiah, Anies: Janji Harus Dilunasi)

5. One Centre for Entrepreneurship (OK OCE)
Program unggulan ini juga sudah mulai dijalankan oleh pasangan nomor urut 3 pada Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu. Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sudah bekerja sama dengan Bazis Corner.

Selain sarana pelatihan OK OCE dan penyaluran zakat infaq serta sedekah, Bazis Corner direncanakan menjadi tempat pemasaran bagi produk-produk warga khususnya di bidang kuliner. (Baca Juga: Sandi Uno Resmikan Kerja Sama OK OCE dengan Bazis Corner)

6. Penataan PKL Tanah Abang
Anies-Sandi juga menata kembali kesemrawutan PKL di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bahkan, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan ratusan lapak untuk para PKL agar tampak tertib.

Tidak hanya itu, Pemprov DKI Jakarta juga menyinergikan sejumlah moda transportasi massal dan pusat perdagangan di kawasan Tanah Abang. (Baca Juga: Kawasan Tanah Abang Ditata Ulang, Anies Siapkan Ratusan Lapak PKL)
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3320 seconds (0.1#10.140)