Pakai Tusuk Gigi, Kawanan Bandit Kuras ATM di Tangerang

Rabu, 24 Januari 2018 - 10:34 WIB
Pakai Tusuk Gigi, Kawanan Bandit Kuras ATM di Tangerang
Pakai Tusuk Gigi, Kawanan Bandit Kuras ATM di Tangerang
A A A
JAKARTA - Polisi meringkus kawanan pembobol Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dengan cara mengganjalnya menggunakan tusuk gigi. Pelaku berinisial S dan Z melancarkan aksinya di Kota Tangerang, Banten selama 2 bulanan ini.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, para pelaku memiliki peran yang berbeda, Z bertugas memasang perangkap tusuk gigi yang ditempelkan ke kartu ATM yang telah dimodifikasi sehingga mengganjal ATM calon korbannya.

"Mesin ATM itu eror, Z ini mendekati calon korban yang kebingungan karena ATM tertelan, diapura-pura membantu, mengamati pin ATM yang dimasukkan korban," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Selasa 23 Januari 2018. (Baca Juga: Sembunyi di Gunung Putri, Polresta Depok Cokok 3 Buronan Pembobol ATM
Saat korban mulai putus asa, ungkapnya, para pelaku mulai melancarkan rencana jahatnya. Z dibantu S segera mengeluarkan kartu ATM tersebut menggunakan gergaji besi yang telah dimodifikasi.

Setelah dipastikan aman, pin dan kartu ATM dikuasai pelaku, mereka langsung menguras uang korban menggunakan mesin ATM terdekat. Hasil kejahatannya dibagi dua sesuai dengan nominal milik korban.

Aksi para pelaku, tambah Argo, tercium polisi setelah ada laporan masyarakat, setelah dilakukan penyelidikan akhirnya petugas mendapati petunjuk dari rekaman CCTV tempat mesin ATM itu. Mereka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

"Imbauan bagi masyarakat yang mau mengambil uang sebaiknya jangan sendirian, ajak teman suruh menunggu di luar. Dan jangan mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal yang mau membantu," imbuhnya. (Baca Juga: Polda Metro Bekuk Komplotan WNA Pembobol ATM Modus Skimming(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5446 seconds (0.1#10.140)