Mengenal Sungai Cisadane, Lokasi yang Dipilih untuk Uji Coba Kapal Neon Moon II Coldplay

Rabu, 13 Desember 2023 - 17:32 WIB
loading...
Mengenal Sungai Cisadane, Lokasi yang Dipilih untuk Uji Coba Kapal Neon Moon II Coldplay
Sungai Cisadane menjadi lokasi yang dipilih untuk melakukan uji coba kapal pembersih sampah bernama Neon Moon II. Foto/APPAMSI
A A A
JAKARTA - Sungai Cisadane menjadi lokasi yang dipilih untuk melakukan uji coba kapal pembersih sampah bernama Neon Moon II. Kapal tersebut merupakan bentuk bantuan yang diberikan oleh Coldplay bersama The Ocean Cleanup.

Coldplay memang telah banyak melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan memberikan bantuan kapal pembersih sampah.

Sumbangan kapal Neon Moon II ini sebenarnya telah direalisasikan sejak pertengahan November 2023 kemarin. Dilansir dari laman resmi Dishub Kabupaten Tangerang, pemberian kapal pembersih sampah ini langsung diterima oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk membersihkan Sungai Cisadane.

Neon Moon II merupakan generasi ketiga dari kapal Neon Moon. Harganya diperkirakan sekitar lebih dari USD700 ribu atau sekitar Rp12 miliar.



Dengan pemberian kapal dari Coldplay ini diharapkan Sungai Cisadane bisa kembali bersih dan bebas dari sampah.

Mengenal Sungai Cisadane


Sungai Cisadane merupakan salah satu sungai utama di Provinsi Banten dan Jawa Barat. Sungai ini melintasi 44 kecamatan di 5 kabupaten/kota yaitu, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Tangerang Selatan.

Sampai saat ini, air dari Sungai Cisadane masih sangat berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air bagi industri, irigasi dan air minum di wilayah sekitar.



Dalam sejarahnya, Sungai Cisadane dimanfaatkan oleh pedagang Tionghoa untuk berlayar masuk ke pedalaman wilayah Tangerang. Tepatnya sekitar abad ke-16, sungai yang punya tangkapan seluas 154.654 ha ini sering kali banyak kapal dagang skala kecil.

Kapal-kapal tersebut memasuki muara Cisadane melalui pesisir laut Jawa dan kemudian berlabuh ke Tangerang. Saat itu wilayah Mauk, Sewan, Kedaung, Teluk Niaga, dan Kampung Melayu masih berupa rawa-rawa, sehingga muara Cisadane masih di dekat Tangerang.

Sungai Cisadane yang membelah Kota Tangerang memberikan manfaat besar bagi masyarakat, di antaranya pemanfaatan air bersih dan pariwisata. Selain digunakan sebagai pemasok air, sungai ini semenjak tahun 1995 juga digunakan untuk perayaan festival lokal di Tangerang yaitu Festival Cisadane.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1236 seconds (0.1#10.140)