alexametrics

Hari Ini, Museum Bahari Kembali Dibuka untuk Umum

loading...
Hari Ini, Museum Bahari Kembali Dibuka untuk Umum
Museum Bahari di Jalan Pasar Ikan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Foto/Yorri Farli/SINDOphoto
A+ A-
JAKARTA - Pasca dilanda kebakaran beberapa hari ini, Museum Bahari yang berada di Jalan Pasar Ikan, RT 11/RW.4, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, akan dibuka kembali untuk umum mulai hari ini.

“Ya, besok mau dibuka untuk ruangan yang aman bagi pengunjung,” ujar Kepala UPT Museum Bahari, Husnison Nizar, Senin (22/1/2018).

Ia menyebutkan, untuk ruangan yang aman dikunjungi setelah kebakaran yakni Gedung A dan B. (Baca: Museum Bahari Terbakar, Pengawasan Cagar Budaya Minim)



“Yang terbakar enggak mungkin dibuka. Ruangan yang dibuka terutama Gedung A. Untuk Gedung B kan ruang rapat, enggak ada koleksi, jadi aman,” sebut Nizar.

Adapun untuk gedung yang tidak bisa dikunjungi yaitu Gedung C, sebab memiliki risiko bagi pengunjung. “Yang terbakar kan Gedung C. Ada juga yang tidak terbakar, tapi atasnya berisiko buat pengunjung,” pungkasnya.

Menurut dia, kebakaran Museum Bahari pada Selasa (16/1/2018) lalu menghanguskan 150 lebih koleksi bersejarah dan beberapa ruangan yang terdapat di sana.

“Yang terbakar sekitar 150-an koleksi, di antaranya ada tiga perahu asli, puluhan miniatur perahu atau replika perahu, terus alat-alat navigasi laut, dua ruangan biorama, rata-rata itu,” tutup Nizar. (Baca: Kebakaran Hebat, Ini Koleksi yang Ada di Museum Bahari)
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak