Pendidikan Vokasi Arahkan Siswanya Siap Hadapi Masa Depan

Rabu, 13 Desember 2023 - 15:04 WIB
loading...
Pendidikan Vokasi Arahkan Siswanya Siap Hadapi Masa Depan
Dirjen Diksi Kiki Yuliati demo masak dengan alumni jurusan Tata Boga SMKN 8 Medan Rizkisyah Putra Singarimbun. Foto/BKHM.
A A A
JAKARTA - Transformasi pendidikan vokasi saat ini sudah berada di jalan yang benar untuk bisa sejajar dengan pendidikan akademik. Pendidikan vokasi pun menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, berwirausaha, atau melanjutkan studinya.

Hal ini disampaikan Dirjen Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kiki Yuliati pada gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka di Jakarta.

“Dibalik siap kerja itu, pendidikan vokasi juga menyiapkan siswanya untuk menghadapi masa depan. Nah untuk itu memang harus melalui proses pembelajaran yang membuat mereka suka belajar," ujarnya,

Baca juga: Profesi Bidang Kelistrikan Menjanjikan, 15 Politeknik Raih Hibah dari Industri

"Jadi, itu yang yang kita ingin transformasikan, belajar itu untuk kepentingan siswa dan siswa mencintai apa yang dipelajarinya,” tutur Kiki.

Pada acara tersebut, Dirjen Kiki terlibat demo masak dengan alumni jurusan Tata Boga SMKN 8 Medan Rizkisyah Putra Singarimbun yang akrab dipanggil Kiki.

Menurut Kiki, gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka menjadi bukti bahwa pendidikan vokasi memang berhasil mencetak orang-orang yang kompeten.

Baca juga: 6 Perguruan Tinggi yang Punya Jurusan Kuliah Game di Indonesia, Ini Kampus Terbaiknya

"Ini adalah wujud yang nyata bahwasannya produk dalam negeri juga sangat bisa bersaing di dunia industri,” ucap Kiki yang merupakan seorang finalis ajang lomba memasak tingkat nasional.

Lebih lanjut, Kiki mengatakan bahwa pendidikan vokasi sangat memberikan manfaat bagi dirinya. “Pendidikan vokasi itu membentuk karakter, pembentukan budi pekerti, pembentukan diri lebih ke fundamental. Jadi bagaimana kita bisa bersikap di industri, bagaimana kita bisa bersikap di dunia kerja yang nyata nanti,” terangnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8282 seconds (0.1#10.140)