Debat Perdana Capres 2024, Imparsial: Ganjar Paling Progresif Membahas Isu HAM

Rabu, 13 Desember 2023 - 14:11 WIB
loading...
Debat Perdana Capres 2024, Imparsial: Ganjar Paling Progresif Membahas Isu HAM
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan saat tampil dalam debat capres 2024 di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Direktur Imparsial Ghufron Mabruri menanggapi debat perdana calon presiden (capres) 2024 dalam tema penegakan hak asasi manusia (HAM) dan hukum. Dalam tema penegakan HAM, capres yang didukung oleh PDIP, PPP, Partai Perindo dan Partai Hanura Ganjar Pranowo dinilai paling progresif dalam pemaparan visi-misinya.

Ghufron mengatakan gagasan dari ketiga capres yang hadir, Ganjar terlihat lebih konkret lantaran menawarkan tawaran dialog dalam penyelesaian kasus HAM yang sudah ada di Indonesia. Dia menegaskan, gagasan Ganjar untuk berdialog khususnya dalam kasus konflik Papua, menjadi solusi yang sudah lama sejalan dengan kelompok masyarakat sipil.

"Dapat dikatakan, capres Ganjar Pranowo yang menawarkan solusi jalan dialog dalam penyelesaian kasus pelanggaran HAM di Papua, ini jauh lebih progresif tawarannya dibandingkan capres lainnya," ujar Ghufron dalam diskusi di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (13/12/2023).





Dia menjelaskan, meski gagasan mantan Gubernur Jawa Tengah itu bukan menjadi hal yang baru, solusi dialog tersebut belum dapat dipenuhi oleh pemerintah hingga hari ini. Dia menilai, pendekatan pemerintah hingga saat ini lebih condong pada metode kekerasan dan operasi militer dalam penyelesaian konflik Papua.

"Kalau kita cermati pendekatan yang sudah dilakukan pemerintah hingga hari ini, pendekatan operasi militer justru menghasilkan pelanggaran HAM yang semakin tinggi. Pendekatan militeristik ini harus diakui masih dilakukan pemerintah sampai sekarang," katanya.

Dia melanjutkan, pendekatan dialog yang belum dilaksanakan pemerintah, padahal sudah berhasil dalam kasus konflik lainnya seperti di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Untuk itu, pendekatan dialog harus dikedepankan seperti apa yang disampaikan Ganjar Pranowo dalam pemaparan program dalam penanganan pelanggaran kasus HAM tersebut.

"Saya kira pendekatan dialog ini, meski bukan sesuatu yang baru, tapi ini penting dan progresif dalam penyelesaian isu konflik Papua. Yang tentu secara lebih lanjut akan berdampak pada kondisi HAM di Papua," tuturnya.

Diketahui, Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menyebut masalah yang terjadi di Papua terkait isu kekerasan, keadilan, dan Hak Asasi Manusia (HAM) harus mengutamakan dialog. Pernyataan itu disampaikan Ganjar dalam debat perdana capres 2024.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0785 seconds (0.1#10.140)