Kisah Jaka Budug Sembuhkan Penyakit Putri Kemuning dengan Daun yang Dijaga Naga Sakti

Senin, 11 Desember 2023 - 12:16 WIB
loading...
Kisah Jaka Budug Sembuhkan Penyakit Putri Kemuning dengan Daun yang Dijaga Naga Sakti
Kisah Jaka Budug yang menyembuhkan penyakit bau badan Putri Kemuning. Foto/Ilustrasi/ist
A A A
Kisah Jaka Budug yang menyembuhkan penyakit bau badan Putri Kemuning menarik untuk dikulik. Konon, ia berhasil menyembuhkannya dengan daun sirna ganda yang dijaga naga sakti.

Kisah tersebut terjadi di masa Kerajaan Ringin Anom, salah satu kerajaan di masa lampau yang terletak di Ngawi, Jawa Timur. Kerajaan ini dipimpin oleh Prabu Aryo Seto.

Prabu Aryo Seto mempunyai anak perempuan bernama Putri Kemuning. Kala itu, sang putri terkena penyakit langka bernama keringat berbau tidak sedap.

Selaku sang ayah yang mencintai putrinya, Prabu Aryo Seto berusaha keras untuk menyembuhkan penyakitnya itu. Kemudian Prabu Aryo Seto bersemedi, dirinya mendapat bisikan yang mengatakan untuk mengadakan sayembara demi menyembuhkan sang putri.



"Barangsiapa yang dapat memetik daun Sirna Ganda yang tumbuh dalam gua di kaki gunung Arga Dumadi yang dijaga oleh seekor ular naga sakti dan selalu menyemburkan api dari mulutnya. Siapa yang berhasil memetik daun, akan mendapat hadiah sebagai menantu Sang Raja. Dan, daun sirna ganda harus dimakan oleh Putri Kemuning !" isi dari sayembara itu.

Sayembara tersebut rupanya menarik perhatian banyak orang. Mereka ternyata tergiur akan hadiah yang diberikan oleh Prabu Aryo Seto jika berhasil menyelesaikannya.

Di hari ketujuh, seorang pemuda dengan penyakit budug datang untuk mengikuti sayembara itu. Dirinya diberikan julukan Jaka Budug.

Jaka Budug adalah pemuda miskin yang tinggal di sebuah gubuk reyot bersama ibunya di sebuah desa terpencil di dalam wilayah Kerajaan Ringin Anom.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5188 seconds (0.1#10.140)