Pria Paling Disensor di Amerika Akan Kembali ke X

Minggu, 10 Desember 2023 - 13:55 WIB
loading...
Pria Paling Disensor di Amerika Akan Kembali ke X
Pemilik X, Elon Musk, melakukan polling untuk menghidupkan kembali akun Alex Jones. Foto/BBC
A A A
WASHINGTON - Pemilik platform media sosial X (sebelumnya Twitter), Elon Musk , melakukan polling kepada netizen apakah akan mengaktifkan kembali akun pembawa acara Infowars, Alex Jones. Musk mengatakan bahwa mempertahankan larangan terhadap Jones akan bertentangan dengan keyakinannya terhadap kebebasan berpendapat.

Musk memposting jajak pendapatnya pada Sabtu sore, menanyakan pengguna X apakah mereka ingin dia mengembalikan Alex Jones di platform ini media sosial itu. Dengan delapan jam tersisa pada saat berita ini dimuat, 70% mendukung diaktifkannya kembali akun Jones, dan 30% menentang.

“Vox Populi, Vox Dei,” tulis Musk dalam postingannya. Musk menggunakan frasa Latin ini, yang berarti “suara rakyat adalah suara Tuhan,” ketika dia mengaktifkan kembali akun mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump setelah pemungutan suara serupa tahun lalu.



Menanggapi pengguna X pada hari Sabtu, Musk menulis bahwa “Saya sangat tidak setuju dengan apa yang dia katakan tentang Sandy Hook, tetapi apakah kita adalah platform yang percaya pada kebebasan berbicara atau tidak?”

“Pada akhirnya itulah yang terjadi. Jika masyarakat memilihnya kembali, ini akan berdampak buruk bagi X secara finansial, namun prinsip lebih penting daripada uang,” tambahnya seperti dikutip dari RT, Minggu (10/12/2023).

Jones dan saluran InfoWars miliknya dilarang di semua platform media sosial besar pada tahun 2018, dengan perusahaan-perusahaan di Silicon Valley mengutip “perkataan yang mendorong kebencian” dan dugaan pelanggaran terhadap persyaratan layanan mereka. Jones juga dilarang menggunakan PayPal untuk transaksi bisnis karena dugaan “intoleransi terhadap komunitas dan agama tertentu.”

Setelah membeli Twitter tahun lalu dan mengubah merek platform tersebut menjadi X, Musk membatalkan banyak aturan berpendapat dan kebijakan sensor perusahaan, serta menawarkan “amnesti umum” kepada pengguna yang sebelumnya dilarang. Namun, tahun lalu dia menulis bahwa setelah kematian bayi laki-lakinya, dia tidak akan pernah mengizinkan Jones kembali, menggambarkannya sebagai seseorang “yang akan menggunakan kematian anak-anak untuk keuntungan, politik atau ketenaran.”



Jones sebelumnya mengklaim bahwa penembakan di sekolah Sandy Hook pada tahun 2012 dilakukan oleh pemerintah AS untuk menggalang dukungan bagi pengendalian senjata. Sekelompok keluarga korban menggugat Jones atas komentarnya, dan hakim memerintahkan dia membayar ganti rugi lebih dari USD1,5 miliar tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1281 seconds (0.1#10.140)