Yuda Turana Dilantik Jadi Rektor Unika Atma Jaya, Komitmen Wujudkan Kampus Unggul

Jum'at, 08 Desember 2023 - 19:32 WIB
loading...
Yuda Turana Dilantik Jadi Rektor Unika Atma Jaya, Komitmen Wujudkan Kampus Unggul
Pelantikan Profesor Yuda Turana sebagai rektor baru Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya periode 2023-2027. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Yayasan Atma Jaya melantik Profesor Yuda Turana sebagai rektor baru Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya periode 2023-2027. Yuda menggantikan Dr. Agustinus Prasetyantoko sebagai rektor di periode sebelumnya.

Panitia seleksi Yayasan Atma Jaya, melalui proses panjang sejak Februari hingga Juni 2023, akhirnya telah menetapkan Prof. Dr. dr Yuda Turana, Sp. S (K) sebagai Rektor Universitas Katolik Atma Jaya yang baru, periode 2023 – 2027. Yayasan Atma Jaya memberikan amanah khusus untuk meningkatkan keunggulan daya saing kampus ke jenjang lebih tinggi lagi di level regional.

Pemerintah melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LDIKTI) Wilayah III mengapresiasi prestasi Unika Atma Jaya sebagai lembaga yang unggul di bidang pendidikan. Kepala LLDikti wilayah III, Kepala LLDIKTI Wilayah III Prof. Dr. Toni Toharudin berharap, Unika Atma Jaya memainkan peran lebih proaktif dalam memecahkan persoalan sosial, ekonomi dan budaya di tengah masyarakat. Sehingga perguruan tinggi tetap menjadi institusi yang relevan dan bermanfaat dalam konteks perubahan multidimensional ini.

Baca juga: Unika Atma Jaya Kukuhkan Guru Besar ke-28 dari Fakultas Teknik

“Pelantikan rektor baru tentu membawa asa agar unversitas ini terus menjadi kampus yang unggul. Oleh karena itu mari kita bersinergi, berkolaborasi, dan berinovasi untuk menciptakan lingkungan akademik yang memberikan kontribusi solusi nyata bagi masyarakat,” kata Toni dalam sambutannya pada Pelantikan Rektor Unika Atma Jaya di Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Toni mengatakan, aspek krusial keberadaan suatu kampus adalah untuk tetap berdiri tegak sebagai pelopor perubaha. Bukan lagi menara gading yang berjarak dengan masyarakatnya, sebab jika itu terjadi maka pelan tapi pasti kampus sedang menuju keruntuhannya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Atma Jaya, Linus M. Setiadi mengatakan, peningkatan status menjadi universitas unggul merupakan bukti nyata konsistensi dan transformasi yang berlangsung selama ini telah berjalan baik. Dengan demikian Unika Atma Jaya memiliki keistimewaan untuk memberikan sumbangan pemikiran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat lebih baik lagi, lebih mendalam dan berkualitas.

“Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul harus diwujudkan secara serius. Terlebih untuk memenuhi visi Indonesia Emas 2045. Untuk itu, Unika Atma Jaya secara konsisten bersama-sama pemerintah, dan kalangan industri akan terus meningkatkan pertumbuhan intelektual masyarakat,” kata Linus.

Namun demikian, kata Linus, kebijakan pemberian akses pendidikan tinggi berkualitas yang luas kepada masyarakat memiliki catatan yang krusial. Yaitu ketika proses penerimaan mahasiswa baru justru saat ini memprihatinkan dan hanya menguntungkan kelompok perguruan tinggi tertentu.

Situasi tersebut memerlukan perhatian serius pemerintah agar integritas pendidikan tinggi di Indonesia tetap terjaga dengan baik.

Yuda Turana dalam kesempatan yang sama menyampaikan komitmennya, sebagai perguruan tinggi unggulan, Unika Atma Jaya tidak sekadar memberikan pengetahuan teoritis. Namun juga menyiapkan mahasiswa dengan keterampilan berkualitas untuk mampu beradaptasi di dunia kerja dan kehidupan sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)