Skytrain Soetta Mogok, Penumpang Dievakuasi Emergency Walkway

Minggu, 07 Januari 2018 - 17:40 WIB
Skytrain Soetta Mogok, Penumpang Dievakuasi Emergency Walkway
Skytrain Soetta Mogok, Penumpang Dievakuasi Emergency Walkway
A A A
TANGERANG - Moda transportasi antar terminal Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Skytrain, mogok di tengah jalan saat sedang mengangkut penumpang ke Terminal 1 Bandara tersebut.

Penumpang yang mengetahui hal ini pun langsung panik. Namun, mereka tidak berani berhamburan ke luar, karena kereta cepat melayang ini berada di atas ketinggian yang sangat membahayakan.

Menurut Branch Communication Manager Bandara Soetta Chaerul Anwar, mogoknya Skytrain tersebut, akibat terjadinya kendala teknis. Namun, biasa segera diatasi oleh petugas lapangan Angkasa Pura (AP) II.

"Itu karena ada sedikit kendala teknis saja mas. Dengan sigap rekan-rekan di lapangan mengatasi hal tersebut mas," kata Chaerul kepada KORAN SINDO di Bandara Soetta, Tangerang, Banten, Minggu (7/1/2018).

Dijelaskan dia, gangguan Skytrain mogok itu terjadi sekitar pukul 09.45 WIB. Akhirnya, para penumpang Skytrain yang terjebak di dalam kereta cepat itu berhasil dievakuasi menggunakan emergency walkway.

Menurut Vice President of Corporate Communication PT Angkasa Pura II (Persero) Yado Yarismano, sesuai dengan prosedur, setelah dievakuasi penumpang Skytrain itu diangkut shuttle bus.

"Iya, terjadi gangguan operasional. Dan penumpang langsung diarahkan ke terminal terdekat dengan menggunakan emergency walkway sesuai dengan prosedur yang ada," ungkap Yado.

Dilanjutkan dia, skytrain CGK memiliki sistem proteksi yang sangat baik sehingga apabila ada terdeteksi mal fungsi di sistem operasi Skytrain, maka sistem proteksi Skytrain langsung bekerja.

"Jadi, saat terjadi gangguan itu, sistem Skytrain langsung berhenti. Gangguan terdeteksi pada jaringan listrik, dan dapat ditangani dengan cepat dalam waktu 60 menit oleh petugas," sambungnya.

Setelah penumpang dievakuasi, dan SOP dilaksanakan baik, kereta cepat tanpa awak yang digadang-gadang menjadi kebanggaan Bandara Soetta itu langsung bisa beroperasi kembali, pukul 11.15 WIB.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5191 seconds (0.1#10.140)