TOD Jadi Konsep Jangka Panjang Penataan Kawasan Tanah Abang

Sabtu, 06 Januari 2018 - 04:37 WIB
TOD Jadi Konsep Jangka Panjang Penataan Kawasan Tanah Abang
TOD Jadi Konsep Jangka Panjang Penataan Kawasan Tanah Abang
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta menyatakan penataan kawasan Tanah Abang yang saat ini dilakukan dengan menutup ruas Jalan Jatibaru, merupakan konsep jangka pendek. Pemprov telah menyiapkan konsep jangka panjang untuk penataan di kawasan tersebut.

"Jangka panjangnya kita sepakat adalah transit oriented development (TOD). Jadi pedestrian di sana untuk pejalan kaki dan steril dari PKL. Shuttle bus Transjakarta yang sekarang Tanah Abang Explorer jadi pengumpan angkutan umum," ungkap Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno di Balai Kota pada Jumat, 5 Januari 2018 kemarin.

Sandi menuturkan, konsep jangka panjang ini memerlukan kerja sama dari seluruh stakeholders. Terkait penataan saat ini, Sandi menuturkan, akan terus memantau para PKL yang diberikan lapak tersebut.( Baca: Sandi Bocorkan Konsep Penataan Tanah Abang yang Ciamik )

"Ini integrasinya kita pantau, bagaimana pedagang kecil lebih tertata, tempat pergerakan penumpang bisa terlayani, shuttle bus dan menyambung ke blok-blok lain di Tanah Abang maupun ke angkutan umum lainnya. Sehingga kita tidak mengambil periuk nasi daripada para angkutan umum lainnya," ujarnya.

Selain itu, lanjut politisi Gerindra tersebut, Pemprov DKI akan mengatur moda transportasi lain."Ojek pangkalan dan online tertata di lahan PT KAI sehingga teratur dan enggak menggunakan badan jalan," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7673 seconds (0.1#10.140)