Heboh Beton Penyangga Jembatan Baru di Tangsel Miring, Ini Penyebabnya

Kamis, 07 Desember 2023 - 09:33 WIB
loading...
Heboh Beton Penyangga Jembatan Baru di Tangsel Miring, Ini Penyebabnya
Beton penyangga jembatan yang tengah dibangun di wilayah Sari Mulya, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), bergeser hingga mengalami kemiringan dari posisi awal. Foto: MPI/Hambali
A A A
TANGERANG SELATAN - Beton penyangga jembatan yang tengah dibangun di wilayah Sari Mulya, Setu, Tangerang Selatan (Tangsel), bergeser hingga mengalami kemiringan dari posisi awal. Hal itu mengundang perhatian warga sekitar.

Proyek jembatan dengan bentang 12,6 meter dan lebar 10 meter itu dibangun sebagai akses pendukung menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sari Mulya. Pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp3,8 miliar untuk pembangunannya.

Pantauan di lokasi, pembangunan jembatan terus berjalan. Sejumlah pekerja dilengkapi 2 unit ekskavator beraktivitas di sana. Jembatan itu dibangun melintasi aliran sungai yang mengalir deras di bagian bawah.

Hal yang menyedot perhatian, satu bagian beton penyangga terlihat miring. Retakan-retakan juga nampak jelas di dinding luar jembatan. Kabar itu pun beredar luas. Dua anggota DPRD Tangsel Alexander Prabu dan Zulham Firdaus langsung bereaksi dan mengecek ke lokasi.


"Saya sudah lihat sendiri ke lapangan, ini kelihatannya memang miring. Menurut informasi dari warga, tadinya tidak miring karena dilewati alat berat jadi miring. Saya minta ini kepala dinas menegur pimpronya, harus dibenerin. Enggak bisa diteruskan, karena ke depan ini berbahaya. Sungai di sini juga kan deras," tutur Alexander, Kamis (7/12/2023).

Menurut dia, seluruh struktur jembatan harus dicek ulang guna memastikan daya tahan saat dilintasi kendaraan berat. Kondisi demikian akan ditanyakan langsung pada rapat kordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi (DSDABMBK).

"Sebenarnya pimpronya mampu enggak sih membangun struktur seperti ini? itu yang saya pertanyakan. Nanti saya rakor kebetulan, akan saya sampaikan. Saya juga minta evaluasi kontraktornya," tegas dia.

Heboh Beton Penyangga Jembatan Baru di Tangsel Miring, Ini Penyebabnya


Pelaksana pembangunan jembatan, Edi Daryanto, membeberkan, penyebab beton penyangga menjadi miring karena belum terpasangnya pelat injak di satu bagian ujung bibir jembatan.

"Karena di sana belum terpasang pelat injak, pelat injaknya baru separuh. Pelat injak kan untuk meratakan beban, nah dia agak turun begitu kegeser katanya. Itu bergeser kira-kira 30 sampai 40 cm," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)