Wujudkan Kesejahteraan dan Kemandirian Masyarakat, Kemenko PMK: Perusahaan Tak Hanya Cari Untung

Selasa, 05 Desember 2023 - 14:06 WIB
loading...
Wujudkan Kesejahteraan dan Kemandirian Masyarakat, Kemenko PMK: Perusahaan Tak Hanya Cari Untung
Staf khusus Kemenko PMK, Ravik Karsidi menekankan, perusahaan tidak hanya mencari profit, tetapi hal penting lainnya adalah menyejahterakan masyarakat sekitar perusahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Perusahaan tidak boleh hanya mengambil untung, tapi juga harus menyejahterakan masyarakat , termasuk warga di sekitar lokasi perusahaan.

Hal ini disampaikan Staf khusus Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Ravik Karsidi dalam sambutan di ajang Indonesia Corporate Social Responsibility (CSR) Awards (ICA) dan Indonesia Sustainable Development Goals ( SDGs ) Awards (ISDA) 2023 di Jakarta, Senin (4/12) malam.



"Perusahaan tidak hanya mencari profit, tetapi hal penting lainnya adalah menyejahterakan masyarakat sekitar perusahaan. Pemerintah menyadari tidak mungkin pemerintah bekerja sendiri, perlu ada kolaborasi dan kerja sama dengan pihak lain, terutama program CSR dari perusahaan swasta," kata Ravik Karsidi.

Di acara yang sama, Kepala Sekretariat Nasional TPB/SDGs, Pungkas Bahjuri Ali menyampaikan, secara global perkembangan pencapaian SDGs cukup memprihatinkan. Pasalnya hanya 15% dari indikator pembangunan yang sesuai dengan jalurnya.

"Di Indonesia, 62% dari 224 indikator arahnya sudah benar, saat ini Indonesia termasuk di dalam negara-negara yang cukup progresif dalam capaian SDGs. Kita peringkat 75 dunia dalam perkembangan SDGs, ini terjadi karena kerja sama kita semua," kata Pungkas Bahjuri Ali.



Sebanyak 32 perusahaan dengan total 63 program dan 9 perseorangan tingkat CEO mengikuti ajang penghargaan ICA 2023. Sedangkan pada ISDA 2023, sebanyak 100 perusahaan, 172 program, dan 14 perseorangan tingkat CEO dan Executive mengikuti kegiatan ini.

Di ajang ICA 2023, Kideco memperoleh 10 penghargaan tingkat Platinum dari 10 program yang diajukan. Program tersebut terkait dengan Tata Kelola CSR, Lingkungan, Ketenagakerjaan, Praktik Operasi, dan Community Involvement and Development (CID). Kideco juga memperoleh penghargaan Trophy tertinggi sebagai The Top Corporate Leadership on Social Responsibility, The Most Committed Corporate to The Environment, The Most Committed Corporate Community Involvement and Development, dan The Best CEO on Social Responsibility.

Sementara di ajang ISDA 2023, Kideco memperoleh 7 penghargaan tingkat Platinum dan 2 penghargaan tingkat Gold dari program-program yang diajukan. Kideco juga memperoleh penghargaan 7 trofi tertinggi yaitu The Top Corporate Leadership on SDGs, SDGs for Social Pillar, SDGs for Environmental Pillar, The Most Committed Corporate to SDGs on Social Pillar, Economy Pillar, Environment Pillar, dan The Best Director on SDGs.

Direktur Utama Kideco, Mohamad Kurnia Ariawan menyampaikan, penghargaan yang diberikan memotivasi pihaknya untuk terus berusaha menyejahterakan masyarakat, dan mencapai target Nett Zero Emission pada 2050.

"Capaian ini adalah hasil kinerja dan dedikasi Kideco dalam melaksanakan program CSR di masyarakat dan lingkungan secara berkelanjutan yang berbasis ISO 26000: 2013 dan 17 poin SDGs. Penghargaan ini semakin memotivasi kami untuk berbuat lebih baik dalam mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat serta capaian Nett Zero Emission," kata Mohamad Kurnia Ariawan.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)