Malam Tahun Baru, Warga Bekasi Diminta Tak ke Jakarta

Rabu, 27 Desember 2017 - 22:19 WIB
Malam Tahun Baru, Warga Bekasi Diminta Tak ke Jakarta
Malam Tahun Baru, Warga Bekasi Diminta Tak ke Jakarta
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi meminta warganya agar tidak merayakan malam tahun baru 2018 di luar kota, terutama di Jakarta. Sebagai gantinya, pemerintah bakal menggelar kegiatan malam pergantian tahun berpusat di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Bekasi Selatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Yayan Yuliana mengatakan, pihaknya akan membuat kegiatan Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan Ahmad Yani sama seperti kegiatan Car Free Day (CFD) yang diselenggarakan setiap hari minggu.

"Kegiatanya dimalam hari pas pergantian tahun," katanya di Bekasi, Rabu (27/12/2017). (Baca Juga: Bekasi car free night hanya dijaga 35 personel
Rencananya, kata dia, pergelaraan Car Free Night akan dimeriahkan dengan hiburan panggung budaya, musik tradisional, pembacaan puisi, hingga penyediaan gerai bagi para pedagang di Kota Bekasi. Bahkan, panggung besar di depan gerbang Kantor Wali Kota Bekasi. "Kami ingin buat meriah dan mengedukasi, bukan berfoya-foya," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini memang rutin dilakukan pemerintah dalam pergantian tahun yang dipusatkan di Jalan Ahmad Yani seperti tahun sebelumnya. Agar kemacetan di Bekasi dan Jakarta bisa terurai dan terpusat di satu tempat.

Kasat Lalu Lintas (Lantas) Polres Metro Bekasi Kota AKBP I Nenggah Adi Putra mengatakan, pihaknya mengerahkan ratusan personel untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru. Dari jumlah tersebut, ada 150 anggota Satlantas Wilayah Bekasi Kota yang senantiasa mengatur lalu lintas.

Adapun, Car Free Night dilaksanakan di Jalan Ahmad Yani, dari simpang Kayuringin hingga Jalan Layang KH Noer Alie. Dengan ditutupnya ruas jalan itu, maka kendaraan dialihkan ke Jalan Rawa Tembaga dan Kemakmuran. Untuk kantong parkir disediakan di pusat perbelanjaan sekitar jalan tersebut.

Selain pusat perbelanjaan, kata dia, gang yang berada di samping kiri dan kanan Jalan Raya Ahmad Yani. Namun untuk pengalihan arus lalu lintas, kemungkinan bakal dilakukan sejak pukul 22.30 WIB hingga selesai.

"Kita lakukan rekayasa lalu lintas, agar kendaraan tidak melintas ke Jalan Ahmad Yani," katanya. (Baca Juga: Malam Tahun Baru, Bekasi Gelar Car Free Night)
Saat ini, beberapa titik yang menjadi pusat perayaan malam pergantian tahun. Misalnya, kawasan Summarecon Bekasi, Harapan Indah, Citra Grand Cibubur, Mega Bekasi Barat di Jalan Ahmad Yani.

Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak berlebihan dalam merayakan malam pergantian tahun, seperti bermain petasan, balap liar dan sebagainya. Masyarakat juga diminta untuk menjaga keamanan dan keselamatan masing-masing, dengan cara tertib di jalan dan menghargai pengguna jalan lainnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6790 seconds (0.1#10.140)