Kisah Uzza: 3 Pohon Kurma Berwarna Coklat Tua, Tempat Bertahalul Jemaah Haji Jahiliah

Senin, 04 Desember 2023 - 06:50 WIB
loading...
Kisah Uzza:  3 Pohon Kurma Berwarna Coklat Tua, Tempat Bertahalul Jemaah Haji Jahiliah
Uzza adalah tiga buah pohon kurma yang berwarna coklat tua.Ilustrasi: Ist
A A A
Al-Azraqi mengatakan, Uzza adalah tiga buah pohon kurma yang berwarna coklat tua. Orang yang pertama kali menyeru untuk menyembahnya adalah Amr bin Rabi’ah dan al-Harits bin Ka’ab.

Kemudian Amr mengatakan kepada orang-orang Quraisy, "Sesungguhnya Rabb kalian menjelma menjadi Latta pada musim panas karena dinginnya Thaif, dan menjelma menjadi Uzza di musim dingin karena panasnya Tihamah".



Abu Bakar Zakaria dalam buku yang diterjemahkan Abu Umamah Arif Hidayatullah berjudul "Sang Pionir Kesyirikan" menyebutkan masing-masing ada setan yang disembah.

Ketika Allah SWT mengutus Muhammad , beliau mengutus Khalid bin Walid untuk memotong Uzza, maka ia memotongnya.

Disebutkan dalam sebuah kisah yang panjang mengenai hal ini, dan riwayat ini diriwayatkan oleh al-Azraqi dari jalan al-Kalbi dari Abu Shaleh dari Ibnu Abbas bahwa Amr bin Luhai menjadikan Uzza dari pohon kurma.

Orang-orang arab ketika sudah selesai haji dan thawaf mereka tidak langsung bertahalul, sampai mendatangi Uzza. Mereka berthawaf mengelilinginya dan bertahalul di sisinya, serta berdiam diri selama sehari di sampingnya. Orang-orang Khuza’ah, Quraisy dan Bani Kinanah seluruhnya mengagungkan Uzza bersama Khuza’ah dan seluruh Mudhor".

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2762 seconds (0.1#10.140)