5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Sabtu, 02 Desember 2023 - 20:20 WIB
loading...
5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza
Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman memiliki strategi jitu dalam Perang israel-Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman pekan lalu meminta semua negara untuk menghentikan ekspor senjata ke Israel – yang merupakan hambatan lain dalam rencana besar Washington untuk membuat Arab Saudi dan Israel menormalisasi hubungan.

Hanya beberapa minggu sebelum serangan Hamas yang mematikan pada tanggal 7 Oktober, perjanjian normalisasi yang ditengahi AS antara Israel dan Arab Saudi sedang berlangsung. Kesepakatan tersebut akan menjadi perubahan geopolitik yang signifikan di wilayah tersebut dan mempunyai implikasi serius bagi gerakan nasional Palestina dan berpotensi menjadi salah satu pendorong utama serangan Hamas.

Berikut adalah 5 Pendekatan Arab Saudi dalam Perang Israel-Hamas di Gaza.

1. Menghentikan Normalisasi Hubungan dengan Saudi

5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Namun, hampir dua bulan setelah perang Israel-Hamas, setiap langkah menuju normalisasi Saudi dengan Israel terhenti.

“Pembicaraan normalisasi Saudi-Israel apa pun akan menjadi terlalu beracun bagi Riyadh saat ini,” kata Anna Jacobs, analis senior Teluk di International Crisis Group (ICG), kepada The New Arab. Ketika kekejaman massal yang dilakukan oleh Israel di Gaza “menyemangati” masyarakat Saudi dan dunia Arab, dimulainya kembali perundingan normalisasi akan menjadi “radioaktif secara politik” bagi Riyadh, kata Jacobs.

"Hampir dua bulan setelah perang Israel-Hamas, setiap langkah menuju normalisasi Saudi dengan Israel terhenti"

Meskipun normalisasi Saudi-Israel dibekukan untuk saat ini, Menteri Investasi Arab Saudi Khalid al-Falih mengkonfirmasi dalam forum tanggal 8 November bahwa normalisasi masih “dipersiapkan”.

Bagi Israel, menormalisasi hubungan dengan Arab Saudi – kekuatan ekonomi di kawasan ini dan rumah bagi tempat-tempat suci umat Islam – akan menjadi “cawan suci” dalam perjanjian normalisasi. Riyadh akan mendapat manfaat dari penguatan pakta pertahanan AS, termasuk lebih sedikit pembatasan penjualan senjata AS, dan bantuan dalam mengembangkan program nuklir sipilnya sendiri. Memfasilitasi normalisasi ini akan memberi Presiden AS Joe Biden kemenangan besar dalam kebijakan luar negeri sebelum pemilu tahun 2024.

Jacobs mengatakan bahwa normalisasi dengan Israel tetap menjadi salah satu tujuan jangka panjang MBS, tetapi ada “banyak hal” yang harus dilaksanakan. Misalnya, tuntutan Saudi untuk kembali ke proses perdamaian Palestina secara penuh dan jaminan keamanan resmi AS, meskipun catatan hak asasi manusia mereka banyak dikritik, akan sulit dipenuhi oleh Israel dan AS, katanya.


2. Berhati-hati dalam Retorika Perang Gaza

5 Pendekatan Pangeran Mohammed Bin Salman dalam Perang Israel-Hamas di Gaza

Foto/Reuters

Demonstrasi meletus di seluruh wilayah yang menyerukan diakhirinya agresi Israel di Gaza, dan bahkan untuk mendukung Hamas. Meskipun larangan ketat terhadap kebebasan berpendapat telah membuat jalan-jalan di Saudi lebih sepi dibandingkan di negara-negara tetangga, saluran media sosial Saudi sangat marah terhadap Israel, kata Jacobs.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1760 seconds (0.1#10.140)