Epidemiolog Sebut Pneumonia Misterius di China Berpotensi Kecil Jadi Pandemi

Kamis, 30 November 2023 - 17:01 WIB
loading...
Epidemiolog Sebut Pneumonia Misterius di China Berpotensi Kecil Jadi Pandemi
Wabah pneumonia misterius di China banyak menyerang anak-anak. Jumah kasus ini pun dilaporkan sangat tinggi hingga menyebabkan rumah sakit kebanjiran pasien. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Wabah pneumonia misterius di China banyak menyerang anak-anak. Jumah kasus ini pun dilaporkan sangat tinggi hingga menyebabkan rumah sakit kebanjiran pasien setiap harinya.

Tak tanggung-tanggung, wabah pneumonia misterius di China menyebabkan jumlah kunjungan pasien meningkat menjadi 550 hingga 650 kunjungan per hari. Kondisi ini menyebabkan banyak orang di berbagai dunia pun merasa khawatir.

Terbaru, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan bahwa pihaknya akan memperketat bandara dan pelabuhan sebagai bentuk pencegahan dari penyakit pernapasan ini.

Di sisi lain, dokter sekaligus epidemiologi dan peneliti Univeritas Griffith Australia dr. Dicky Budiman, M.Sc. PH mengatakan bahwa risiko seseorang terkena pneumonia parah sangat kecil.

Epidemiolog Sebut Pneumonia Misterius di China Berpotensi Kecil Jadi Pandemi

Foto/Infografis SINDOnews





Ini karena penyakit tersebut bisa sembuh dengan sendiri. Selain itu, Dicky juga menyebut bahwa penyakit ini disembuhkan dengan perawatan yang tepat dan pemberian antibiotik.

“Dengan catatan kondisi pasien bagus, tidak alami gangguan imunitas atau daya tahan tubuh. Termasuk juga penyebabnya dalam konteks tubuh adalah bakteri,” kata Dicky, Kamis (30/11/2023).

Terkait hal tersebut, Dicky menilai bahwa pneumonia berpotensi kecil untuk menjadi sebuah pandemi. Hal ini menyusul laporan dari pemerintah China bahwa pneumonia misterius ini tidak disebabkan oleh patogen, bakteri atau virus baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3432 seconds (0.1#10.140)