Israel Galau! Pilih Lanjutkan Gencatan Senjata atau Berperang Melawan Hamas

Kamis, 30 November 2023 - 01:07 WIB
loading...
Israel Galau! Pilih Lanjutkan Gencatan Senjata atau Berperang Melawan Hamas
Israel menghadapi kegalauan apakah akan melanjutan gencatan senjata atau berperang melawan Hamas. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan dalam sebuah postingan di X bahwa pasukan Israel “di udara, di darat dan di laut siap untuk melanjutkan pertempuran”.

Dia juga mengatakan bahwa Israel melakukan segala upaya untuk menggunakan gencatan senjata saat ini untuk menjamin kembalinya semua tawanan yang ditahan di Gaza.

Hal senada juga diungkapkan anggota kabinet perang Israel, Benny Gantz. Dia mengatakan bahwa Israel akan terus berusaha untuk “memanfaatkan” kerangka kesepakatan penyanderaannya dengan Hamas, namun siap untuk melanjutkan pertarungan dalam waktu dekat, beberapa jam sebelum kesepakatan tersebut berakhir.

Hamas sebelumnya mengatakan pada hari ini bahwa pihaknya terbuka untuk memperpanjang gencatan senjata, yang kini memasuki hari keenam, dan seorang pejabat Israel mengatakan pembicaraan untuk melakukan hal tersebut sedang berlangsung.

“Kami berada dalam momen yang kompleks, dengan jangka waktu dalam kerangka kesepakatan untuk mengembalikan kami yang diculik. Kami akan berupaya memaksimalkannya,” kata Gantz dilansir Times of Israel. “Pada saat yang sama, kami bersiap dan siap untuk kembali berperang, kapan pun, termasuk saat ini.”



Menteri kabinet perang mengatakan bahwa Israel sedang berperang dalam “perang paling penting” sejak Perang Kemerdekaan tahun 1948.

Bersumpah bahwa Israel tidak akan memberikan apa pun kepada Hamas, Gantz mengatakan perang akan terus berlanjut sampai penduduk komunitas perbatasan Israel yang dievakuasi di tengah pertempuran “dapat kembali dengan selamat” ke rumah mereka.

Hal senada diungkapkan Kepala Staf IDF Letjen Herzi Halevi. Dia menyetujui rencana pertempuran setelah gencatan senjata di Jalur Gaza, dalam pertemuan di markas Komando Selatan di Beersheba hari ini.

“Kami tahu apa yang perlu dilakukan, dan siap untuk tahap selanjutnya,” kata Halevi dalam sambutannya yang diberikan oleh IDF.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0780 seconds (0.1#10.140)