alexa snippet

Perdaya Belasan Wanita via Sosmed, 'Don Juan' asal Jember Ditangkap

Perdaya Belasan Wanita via Sosmed, Don Juan asal Jember Ditangkap
A+ A-
JAKARTA - Polda Metro Jaya meringkus Nathan (35) pelaku penipuan dengan korban sejumlah wanita yang dikenal melalui jejaring sosial Tinder. Nathan diringkus di Cirebon, Jawa Barat, usai memperdaya PNS wanita berinisial M.  

Kasbudit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Antonius Agus mengatakan, modus Nathan melakukan penipuan dengan cara memacari korban. Aksi 'Don Juan' asal Jember, Jawa Timur ini sudah dilakukan sejak 2015 dan telah memakan banyak korban.

"Laporan yang masuk ke kita itu baru satu orang korban, PNS. Tetapi kita sudah mengumpulkan ada sebanyak 10 korban lainnya yang saat ini sudah terdeteksi," kata Antonius kepada wartawan Jumat (8/12/2017).  

Menurut Antonius, korban penipuan ini tersebar di sejumlah daerah seperti di Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, Jakarta, dan beberapa kota lainnya. Nathan mencari mangsa melalui aplikasi media sosial Tinder.

Setelah memilih calon korban, pelaku akan meminta nomor telepon dan berkomunikasi via WhatsApp. Setelah itu pelaku dengan korban menjalani kesepakatan untuk bertemu di suatu tempat. Dalam pertemuan itu, Nathan mengeluarkan rayuan maut untuk memikat korban.

Setelah berhasil memikat, Nathan memoroti korban-korbannya. "Pokoknya makan-minum korban yang bayar. Pelaku juga mengambil barang korban misalnya handphone atau laptop, barang yang berhargalah," ujarnya.

Nathan ditangkap atas laporan seorang korban berinisial M, yang kehilangan mobil Brio. M mengenal pelaku lewat lewat Tinder, setelah saling berkomunikasi via WhatsApp, pelaku datang dari Jember ke Jakarta untuk menemui korban.

Tiga hari setelah kedatangannya ke Jakarta pada Agustus 2017, M memberi kepercayaan untuk mengemudikan mobilnya. M memintanya untuk mengantar jemput  dari rumahnya di Bogor ke Jakarta oleh pelaku dengan menggunakan mobilnya itu.

"Tetapi tiga hari setelah dikasih kepercayaan membawa mobil korban, pelaku malah melarikannya," tuturnya. Alhasil, Nathan pun kemudian diciuduk polisi di Cirebon, Jawa Barat. Dari tangan Nathan, polisi menyita mobil Brio milik korban berikut sejumlah benda klenik.
(whb)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top