alexa snippet

Ada 22 Penderita Difteri, Kadinkes DKI Minta Seluruh Puskesmas Waspada

Ada 22 Penderita Difteri, Kadinkes DKI Minta Seluruh Puskesmas Waspada
Ilustrasi. Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Koesmedi Priharto menjelaskan, di Ibu Kota terdapat lebih dari 20 orang yang terjangkit bakteri Difteri selama tahun 2017. Dinkes DKI sendiri masih mencari tahu penyebaran penyakit tersebut bisa sampai ke Jakarta.

"Di DKI sendiri ada 22 orang (yang kena Difteri) selama satu tahun ini, umumnya anak-anak. Ada yang belum divaksin ada juga yang sudah," ujar Koesmadi kepada wartawan, Kamis (7/12/2017).

Ia menjelaskan, sebanyak 22 orang terkena difteri telah dinyatakan sembuh. "Yang kena kita obati, Alhamdulillah sembuh semua. Imunisasi ada booster-nya, booster 1 dan 2. Dikasih lagi vaksin dikuatin," lanjutnya.

Penderita difteri, kata Koesmadi, diketahuin anak-anak yang terkena berusia di bawah 10 tahun dan tertular melalui udara. "Di bawah 10 tahun dan penyebarannya melalui udara," ungkapnya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar semua Puskemas dapat mewaspadai penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium Diptheriae itu. Pihaknya pun masih mencari tahu masuknya bakteri difteri ke wilayah DKI Jakarta.

"Kita masih menelusuri. Tapi semua puskesmas sudah kita minta waspada. Jadi kalau ada satu orang kena kita harus melakukan surveillance, artinya melacak sampai sejauh mana kenanya dari mana. Memang susahnya DKI kan orang keluar masuk, kalau ada pasien di Tangerang menyelusup ke kita ya bisa," tutupnya.
(ysw,kri)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top