Rawan Longsor, Wisatawan Diimbau Jangan Lewat Jalur Alternatif Puncak

Sabtu, 02 Desember 2017 - 17:57 WIB
Rawan Longsor, Wisatawan Diimbau Jangan Lewat Jalur Alternatif Puncak
Rawan Longsor, Wisatawan Diimbau Jangan Lewat Jalur Alternatif Puncak
A A A
BOGOR - Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan dan kemacetan panjang selama libur panjang, khususnya saat arus balik yang diprediksi pada Minggu, 3 Desember 2017 besok, Satlantas Polres Bogor mengimbau pengendara agar tertib berlalu lintas dan tidak menggunakan jalur alternatif.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Ristama mengatakan, antisipasi kepadatan saat arus balik nanti seperti biasa sesuai standar operasional prosedur yang sudah ditentukan, sistem one way akan diberlakukan lebih awal pada siang hari. "Paginya seperti biasa jika masih terjadi kepadatan seperti kendaraan dari arah Jakarta ke Puncak kita berlakukan one way mulai pukul 08.00 WIB dengan durasi tak terlalu lama, yang jelas situasional," kata Hasby kemarin.

Hasby melanjutkan, sistem one way saat arus balik nanti akan diberlakukan pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB dengan prioritas kendaraan dari arah Puncak menuju Jakarta. "Karena dipastikan akhir liburan banyak kendaraan yang mulai pulang itu pada siang hingga sore harinya," ujarnya.

Hasby juga mengimbau para pengendara yang hendak atau pulang dari dan menuju kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, selama libur panjang ini tidak menggunakan jalur alternatif.

Karena dikhawatirkan bakal menimbulkan risiko kecelakaan, mengingat kondisi jalur alternatif sangat kecil dan banyak terdapat tebing terjal di sepanjang jalan."Jadi kami sangat menyarankan pengendara yang mau ke Puncak atau pulang dari Puncak nanti tidak menggunakan jalur alternatif. Terutama untuk sepeda motor karena sangat rawan kecelakaan," pintanya.

Hasby menambahkan, jalur alternatif yang ada juga tergolong daerah rawan bencana alam seperti tanah longsor. Terlebih, kawasan Puncak kerap diguyur hujan pada sore hingga malam hari.

Untuk itu, Hasby berharap masyarakat tetap menggunakan jalur utama dan lebih bersabar jika terjebak kemacetan di jalur Puncak demi keamanan dan kenyamanan semua pengguna jalan. "Lebih baik gunakan jalur utama saja. Meski macet, tapi lebih aman dan banyak fasilitas, seperti SPBU, toilet, dan tempat peristirahatan. Jadi lebih membantu pengendara di jalan nantinya. Bahkan saat diberlakukan one way diimbau tetap berhati-hati dalam melajukan kendaraannya," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)