Amalan dan Tabungan Amal yang Terus Mengalir hingga Akhirat

Senin, 27 November 2023 - 10:49 WIB
loading...
Amalan dan Tabungan Amal yang Terus Mengalir hingga Akhirat
Ada amal yang pahalanya terus mengalir kepada hamba walalupun si hamba ini sudah meninggal dalam kuburnya, salah satu amalan tersebut adalah mengajarkan ilmu dimana ilmu itu diamalkan oleh manusia lainnya. Foto ilustrasi/ist
A A A
Ada amalan yang Allah Ta'ala tawarkan dengan pahalanya sangat besar kepada seluruh umat muslim. Amalan ini walaupun dilakukan hanya sekali akan tetapi pahalanya akan terus mengalir hingga mati. Bahkan amalan ini juga bisa menjadi tabungan amal dan ladang pahala hingga akherat kelak .

Dalam sebuah riwayat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata “ Jika manusia mati maka terputuslah seluruh amalnya, kecuali tiga hal yaitu, Sedekah Jariah, Ilmu yang Bermanfaat dan Anak Shaleh yang selalu mendo’akan orang tuanya” (HR. Muslim)

Rasulullah merupakan tauladan kita dalam melakukan amal shaleh . Dari Anas Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

سبعٌ يَجْري للعبد أجرُهن وهو في قبره بعد موته: من عَلَّم عِلْماً، أو كَرى نهراً، أو حفر بئراً، أو غرس نخلاً، أو بنى مسجداً، أو ورّث مصحفاً، أو ترك ولداً يستغفر له بعد موته


“Ada tujuh amal yang pahalanya terus mengalir kepada hamba walalupun si hamba ini sudah meninggal dalam kuburnya"

7 Amalan yang Pahala Terus Mengalir :

1. Orang yang mengajarkan ilmu dimana ilmu itu diamalkan oleh manusia,
2. Orang yang mengalirkan sungai untuk pengairan sehingga banyak petani mendapatkan banyak manfaat dari air sungai tersebut,
3. Orang yang menggalikan sumur sehingga orang-orang dapat mengambil manfaat dari airnya,
4. Orang yang menanam pohon kurma atau pohon lain yang berbuah yang bermanfaat,
5. Orang yang membangun masjid,
6. Orang yang mewakafkan mushaf,
7. Orang yang meninggalkan anak di mana anak ini senantiasa memohonkan ampunan untuknya setelah meninggalnya.

Tabungan Amal Hingga Akherat

Amal shaleh yang pahalanya terus mengalir hingga akherat merupakan tabungan amal yang kita lakukan di dunia. Sedekah jariyah merupakan amalan yang pahalanya terus mengalir, berikut adalah beberapa amalan sedekah jariah yang bisa kita kerjakan.

1. Membangun Mesjid

Membantu proses pembangunan masjid atau mewakafkan tanah dan harta kita untuk pembangunan keperluan ibadah dan kemanusiaan merupakan sedekah jariah yang memiliki pahala yang besar. Terlebih masjid adalah tempat semua orang melakukan berbagai kegiatan dan amal baik.

Selain membantu dalam proses pembangunan masjid, kita juga dapat membantuproses pembangunan jalan, jembatan, sekolah, panti asuhan, rumah sakit dan lain sebagainyayang juga merupakan amalan sedekah jariah.

2. Mengajarkan Ilmu

Mengajarkan ilmu yang bermanfaat kepada orang lain merupakan sedekah jariyah, terlebih ketika orang yang diajar itu mengamalkan serta mengajarkan juga ilmu tersebut kepada orang lain. mengajarkan ilmu tidak selamanya kita harus berprofesi menjadi seorang guru, akan tetapi dengan berbagi informasi yang bermanfaat dan menjadi kebaikan bagi semua orang hal tersebut bisa menjadikannya sebagai pahala yang terus mengalir.

3. Menulis Buku

Menulis buku sama artinya dengan mengajarkan ilmu yang bermanfaat bagi oang lain. menulis buku merupakan salah satu cara untuk mengabadikan pemikiran serta pemahaman kita yang bisa diterapkan oleh banyak orang bahkan lintas generasi. Dengan demikian menulis buku yang terdapat ilmu yang bermanfaat didalamnya merupakan salah amal jariah yang pahalanya terus mengalir meskipun orang yang menulisnya telah meninggal.

Setiap orang yang beriman senantiasa melakukan banyak amalan kebaikan dalam hidupnya agar kelak mereka mendapatkan balasan surga di akhirat kelak. Banyak di antara mereka mengumpulkan pahala kebaikan dengan cara melakukan amal jariyah. Amalan yang kita ketahui pahalanya terus mengalir meskipun kita telah tiada.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)