Satelit Rusia Kosmos-2570 Lepaskan Dua Objek Misterius di Luar Angkasa

Minggu, 26 November 2023 - 13:35 WIB
loading...
Satelit Rusia Kosmos-2570 Lepaskan Dua Objek Misterius di Luar Angkasa
Satelit Rusia Kosmos-2570 dan modul luar angkasa yang disebut Matryoshka terdeteksi melepaskan dua objek misterius. Foto/MoD/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Satelit Rusia Kosmos-2570 dan modul luar angkasa yang disebut Matryoshka terdeteksi melepaskan dua objek misterius. Amerika Serikat (AS) yang mengetahui aktivitas itu menyebut dua objek misterius itu sebagai perangkat militer .

Para ahli dari LeoLabs, perusahaan AS, mendeteksi satelit yang mirip dengan boneka bersarang, meluncurkan Objek C pada 30 Oktober 2023. Kemudian, melahirkan entitas baru yang diidentifikasi sebagai Objek D pada 23 November 2023.

AS merasa kesulitan untuk membedakan dan menganalisa objek-objek terpisah ini dari satelit Rusia. Namun, AS menyatakan bahwa kehadiran dua objek itu sangat menghambat pengoperasian satelit lain.



“Saat ini, sifat Objek C dan Objek D masih dirahasiakan, bahkan oleh media Rusia, termasuk Jaringan Luar Angkasa Rusia. Informasi terkait dari sumber Rusia ini menunjukkan bahwa peluncuran Kosmos-2570 dilakukan pada 27 Oktober 2023,” tulis laman Bulgarian Military, Minggu (26/11/2023).

Berdasarkan analisis para ahli Rusia, satelit tersebut memiliki muatan semi-klasifikasi yang disebut Lotos-S1 atau 14F145. Jaringan Luar Angkasa Rusia menyatakan bahwa ini adalah kejadian kedelapan yang terjadi di konstelasi Liana, untuk pengintaian elektronik di luar angkasa atas nama pasukan militer Rusia.

Menariknya, berarti dugaan LeoLabs, yang mengawasi luar angkasa, ternyata akurat. Kementerian Pertahanan Federasi Rusia mengkonfirmasi muatan misterius itu. Mereka menyatakan bahwa roket tersebut berhasil mengirimkan “lebih dari satu pesawat ruang angkasa” ke orbit.

Rusia mengungkapkan proses peluncuran dilakukan pada 27 Oktober 2023 sekitar pukul 09.00 waktu Moskow. Sebuah roket yang membawa satelit militer berhasil diluncurkan dari Pad 3 hingga Pad 43 di Plesetsk.



Dengan menganalisis data dari peluncuran konstelasi Liana sebelumnya serta peringatan lalu lintas udara, para ahli dapat memprediksi skenario penerbangan untuk misi ini secara akurat. Setelah beberapa saat melakukan pendakian vertikal, roket tersebut dengan cepat mengubah arahnya ke arah timur laut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3049 seconds (0.1#10.140)