Spanyol Akan Akui Negara Palestina Meskipun Uni Eropa Tak Setuju

Sabtu, 25 November 2023 - 20:04 WIB
loading...
Spanyol Akan Akui Negara Palestina Meskipun Uni Eropa Tak Setuju
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez terbuka untuk secara sepihak mengakui Negara Palestina meskipun Uni Eropa tidak setuju. Foto/Anadolu
A A A
RAFAH - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sanchez mengatakan Madrid terbuka untuk secara sepihak mengakui Negara Palestina meskipun Uni Eropa tidak setuju.

“Saya rasa sudah tiba saatnya bagi masyarakat internasional, khususnya Uni Eropa dan negara-negara anggotanya, untuk mengakui Negara Palestina,” kata Sanchez pada Jumat, yang dilansir Anadolu, Sabtu (25/ 11/2023).

Sanchez mengatakan hal itu saat konferensi pers di sisi perbatasan Rafah, Mesir.



Sanchez mengatakan bahwa idealnya, pengakuan tersebut akan datang sekaligus dengan setidaknya beberapa negara anggota Uni Eropa berpartisipasi.

“Tapi, jika tidak, tentu Spanyol akan mengambil keputusan sendiri,” ujarnya.

Perdana Menteri Spanyol yang baru terpilih kembali tersebut sebelumnya berjanji bahwa mengakui Negara Palestina adalah prioritas untuk masa jabatannya yang akan datang.

Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo bergabung dengan Sanchez dalam turnya ke Israel, Palestina, dan Mesir.

Selama perjalanan tersebut, kedua pemimpin menyerukan perlindungan penduduk sipil di Gaza dan agar Israel menghormati hukum kemanusiaan internasional.

Pada hari Jumat, setelah konferensi pers mereka di penyeberangan Rafah, Menteri Luar Negeri Israel Eli Cohen memerintahkan pemanggilan duta besar Spanyol dan Belgia di Tel Aviv untuk diberi “teguran keras” karena sikap PM kedua negara tersebut yang mengkritik keras perang Israel di Gaza.

“Kami mengutuk klaim palsu Perdana Menteri Spanyol dan Belgia yang memberikan dukungan terhadap terorisme,” tulis Cohen di jaringan media sosial X, mengeklaim bahwa Israel “bertindak sesuai dengan hukum internasional.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)