Anies Ingin Jakarta Jadi Pusat Seni dan Budaya

Minggu, 26 November 2017 - 12:48 WIB
Anies Ingin Jakarta Jadi Pusat Seni dan Budaya
Anies Ingin Jakarta Jadi Pusat Seni dan Budaya
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka acara seni budaya akbar bertajuk Kirab Kebangsaan Merayakan Hari Pahlawan, di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (26/11/2017) pagi.

Dalam kesempatan itu, Anies menyampaikan latar belakang dari tema Kirab Kebangsaan tersebut. "Bapak Ibu, hari ini kita sama-sama terlibat Kirab Kebangsaan. Di sini adalah Ibu Kota dari sebuah negeri yang memiliki lebih 700 bahasa dan 400 suku bangsa, hari ini kita merayakan bahwa negeri kita kaya budaya dan tidak kalah penting, negeri ini dibangun dan diperjuangkan oleh para pahlawan," ujar Anies dalam sambutannya.

Anies menegaskan bahwa yang sedang dirasakan di Kirab Kebangsaan ini adalah persatuan dalam kebinekaan, sehingga meskipun kita berbeda tetap bersatu menghasilkan pertunjukan seni kolosal yang memikat.

"Perlu kita garis bawahi kita sedang rayakan persatuan, dan kita perjuangkan persatuan, kebinekaan adalah fakta yang kita perjuangkan adalah persatuan dan hari ini persatuan itu muncul di Monas."

Lebih lanjut Anies menuturkan ia memiliki visi untuk membuat Jakarta menjadi kota ekspresi seni budaya di mana setiap sudutnya menjadi tempat berekspresi kesenian dan berkebudayaan. Apalagi, dalam acara tersebut tampak terlibat 12 ribu penari. Padahal, sebelumnya dijadwalkan ada 8 ribu penari.

"Dengan kita mengembalikan Jakarta dengan nuansa seni tak hanya menjadi kota untuk mencari penghidupan tapi juga pusat budaya dan seni. Kita ingin keindahan budaya di Jakarta harus dikembalikan," ujar Anies.

Mantan Mendikbud itu juga menjelaskan kenapa lokasi kirab diadakan di Monas. Menurut Anies, dia ingin menghidupkan kembali Monas sebagai alun-alun warga. Hal ini sekaligus imbauan bagi warga Jakarta agar menghidupkan setiap kegiatan kesenian dan kebudayaan.

"Kirab ini Insya Allah akan diselenggarakan secara rutin. Kita kembalikan Monas sebagai alun-alun berkumpulnya warga, izinkan ada kegiatan seni dan budaya. Saya mengimbau aktifkan kegiatan di kampung dan sanggar, Pemprov akan mendukung kegiatan seni dan budaya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6147 seconds (0.1#10.140)