Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, dan Contoh Penulisannya

Kamis, 23 November 2023 - 07:45 WIB
loading...
Teks Diskusi: Pengertian, Struktur, dan Contoh Penulisannya
Teks diskusi adalah karya tulis yang menyajikan berbagai pendapat atau gagasan dengan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu topik. Foto/Freepik/Nakaritore.
A A A
JAKARTA - Teks diskusi adalah karya tulis yang menyajikan berbagai pendapat atau gagasan dengan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu topik seperti pendidikan , kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Biasanya, teks diskusi disampaikan dengan bahasa yang lugas agar mendorong pembaca untuk berpikir kritis.

Umumnya, teks diskusi disampaikan dalam forum-forum diskusi formal seperti rapat OSIS, rapat karang taruna, rapat RT, rapat desa, hingga rapat terbatas dengan presiden dan menteri-menteri.

Biasanya, teks diskusi diawali dengan topik yang ingin didiskusikan, kemudian diikuti dengan argumen, pendapat, atau gagasan yang berbeda dari berbagai pihak yang terlibat dalam diskusi tersebut. Lalu, teks diskusi diakhiri dengan kesimpulan yang merangkum poin-poin penting dari diskusi.

Teks diskusi dapat berupa esai, debat, dan forum. Untuk memudahkan penulisan teks diskusi, berikut di bawah ini terdapat struktur teks diskusi yang dapat diikuti.

Struktur Teks Diskusi

1. Pendahuluan dan Isu


Pendahuluan dan Isu merupakan bagian pengantar yang berisi informasi latar belakang mengenai topik atau isu yang ingin didiskusikan.

2. Argumen Pendukung


Bagian ini menyajikan argumen atau gagasan yang mendukung topik yang sedang didiskusikan. Argumen harus bersifat objektif dan tidak memihak.

3. Argumen


Bagian ini berisi tanggapan dari argumen yang disajikan sebelumnya, dengan memberi pendapat yang menentang argumen tersebut.

Baca juga: 10 Contoh Teks Inspiratif yang Menarik untuk Dibaca

4. Analisis dan Refleksi


Bagian ini meninjau kembali argumen yang telah disajikan sebelumnya serta memberikan analisis yang dapat membantu memahami poin-poin penting dari diskusi tersebut.

5. Kesimpulan


Kesimpulan merupakan bagian yang berisi rangkuman poin-poin penting dari diskusi dan memberikan saran atau kesimpulan yang menyatukan berbagai pendapat dalam diskusi tersebut.

Berikut Contoh Teks Diskusi Singkat

1. Keputusan Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh


- Pendahuluan dan Isu

Proses pembelajaran secara daring telah dilaksanakan selama dua semester sejak pandemi Covid-19 melanda. Namun, memasuki era new normal pihak Kemendikbudristek mulai mempertimbangkan pertemuan tatap muka di sekolah-sekolah.

Pemerintah pun kemudian memberikan wewenang kepada pemerintah daerah, sekolah, dan orang tua siswa terkait keputusan diadakannya kembali pembelajaran tatap muka.
Apabila para pemegang wewenang telah sepakat, maka pembelajaran jarak jauh akan dihentikan, dan pembelajaran tatap muka pun dapat dilanjutkan kembali dengan syarat, serta mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

- Argumen Pendukung

Keputusan pemerintah untuk menggelar pembelajaran jarak jauh ketika Covid-19 melanda, sudah menjadi opsi yang tepat dalam rangka menekan penyebaran virus corona secara lebih luas. Khususnya dikalangan anak-anak.

Selain itu, keputusan untuk menghentikan pembelajaran jarak jauh, dan menggantinya dengan belajar tatap muka juga merupakan langkah awal yang tepat untuk memulai kembali kegiatan dunia pendidikan.
Mengingat sudah dua semester para siswa menerima pembelajaran secara online. Proses pembelajaran secara daring dinilai kurang efektif, serta memberatkan para siswa dengan banyaknya tugas online yang dibebankan guru dan sekolah.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5119 seconds (0.1#10.140)