Shopee 11.11 Big Sale Bawa Pertumbuhan Brand Lokal dan UMKM, Pesanan Ekspor Meningkat Hingga 4 Kali Lipat

Rabu, 15 November 2023 - 07:50 WIB
loading...
Shopee 11.11 Big Sale Bawa Pertumbuhan Brand Lokal dan UMKM, Pesanan Ekspor Meningkat Hingga 4 Kali Lipat
Dorong pertumbuhan dan peluang bisnis, pesanan ekspor Brand Lokal dan UMKM tembus 4 kali lipat di Shopee 11.11 Big Sale. (Foto: ilustrasi/Sindo)
A A A
JAKARTA - Dalam era digital yang terus berkembang, penting bagi brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk terus berinovasi dan memanfaatkan peluang yang ada, serta terus bertransformasi agar mampu memperkuat eksistensi mereka. Terlebih hadirnya periode kampanye menuju akhir tahun, Shopee 11.11 Big Sale yang berlangsung hingga 11 November tidak hanya menjadi momen penting bagi konsumen untuk mengejar promo menarik dan belanja berbagai kebutuhan, namun juga menciptakan peluang baru bagi pelaku usaha dalam meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih kokoh dan berdaya.

Para pelapak yang ada turut merasakan dampak yang signifikan, tercatat peningkatan pesanan ekspor menyentuh angka hingga 4 kali lipat pada puncak kampanye 11.11 Big Sale. Kesempatan ini ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM di Shopee untuk perkuat potensi dan merupakan langkah lanjutan menciptakan bisnis yang berkesinambungan. Selain kampanye yang tengah berlangsung, hal ini terwujud dari dukungan berbagai program inisiatif seperti 'Program Ekspor Shopee' yang menjadi salah satu strategi memperluas bisnis menuju pasar luar negeri.

“Program Ekspor Shopee bukan hanya pintu gerbang untuk membuka kesempatan baru, namun juga alat untuk memperkuat strategi bisnis. Tentunya para brand lokal dan UMKM akan kami bimbing melalui Kampus UMKM Shopee dan Kampus UMKM Shopee Ekspor mengenai bagaimana memahami tren pasar internasional, menyesuaikan produk dengan preferensi global, sambil mengoptimalkan platform e-commerce Shopee sebagai strategi kedepannya. Kami harap melalui program inovatif yang Shopee hadirkan dapat dengan senantiasa membantu para brand lokal dan UMKM semakin maju,” tutur Monica Vionna selaku Head of Marketing Growth Shopee Indonesia.

11.11 Big Sale: Dorong Transformasi dan Buka Peluang Inklusif Bagi Brand Lokal dan UMKM
Brand lokal dan UMKM kini selalu berupaya untuk merangkul dan mengikuti tren belanja konsumen agar memiliki peluang besar untuk tumbuh dalam bisnis yang signifikan. Antusiasme partisipasi penjual lokal turut mendukung kampanye 11.11 Big Sale dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori.

Hal ini terlihat dari peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye 11.11 dibandingkan hari biasa. Tak hanya itu, masyarakat juga terlihat semakin tertarik dengan berbagai produk lokal dan UMKM, khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian khusus konsumen sepanjang kampanye berlangsung. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam mendorong perkembangan bisnis serta dukungan pasar digital yang inklusif.

Monica juga mengatakan bahwa kampanye11.11 Big Sale yang menawarkan promo terbesar akhir tahun ini juga menjadi bentuk dukungan Shopee dalam memberikan peluang dan eksposur yang lebih besar kepada merek dan produk lokal. Tujuannya yakni mendorong para konsumen untuk semakin tertarik menjelajahi produk dalam negeri dan turut membantu brand lokal untuk dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Menariknya, di sepanjang kampanye 11.11 Big Sale ini pun kami merasakan tingginya minat konsumen untuk berbelanja produk lokal dan UMKM dari ragam kategori yang dihadirkan. Hal ini menjadi aspek penyemangat kami untuk selalu memberikan berbagai inovasi dan inisiatif yang bermanfaat bagi seluruh ekosistem, mendorong pertumbuhan bisnis lokal, dan memperkuat koneksi antara penjual dan konsumen,” ucapnya.

Komitmen untuk menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat dengan ragam fitur seperti Shopee Live sebagai solusi melalui interaksi dan komunikasi langsung secara real-time. Pembeli dapat bertanya tentang produk dan bahkan melihat demonstrasi produk secara lebih jelas demi meningkatkan kepercayaan serta daya tarik tersendiri.

Antusiasme tersebut terlihat dari peningkatan jumlah sesi Shopee Live oleh brand lokal dan UMKM pada puncak kampanye hingga 6 kali lipat. Aspek ini semakin menunjukan bahwa live streaming kini telah menjadi wadah untuk penjual dalam membangun komunitas dengan para pelanggan.

Program lain yang kini semakin digemari oleh masyarakat yaitu Shopee Affiliate Program yang kini turut membantu penjual lebih efektif dalam memperluas jangkauan melalui kolaborasi bersama para kreator. Mendorong peningkatan eksistensi brand lokal sekaligus memberikan kemudahan untuk pengguna dalam berbagi inspirasi produk ternyata menjadi ladang baru untuk penghasilan tambahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)