Gunung Berapi di Islandia Bakal Erupsi, Ribuan Orang Dievakuasi

Senin, 13 November 2023 - 22:38 WIB
loading...
Gunung Berapi di Islandia Bakal Erupsi, Ribuan Orang Dievakuasi
Pihak berwenang Islandia mengatakan sekitar 900 gempa bumi mengguncang wilayah selatan negara itu ketika negara itu bersiap menghadapi letusan gunung berapi. Foto/Ilustrasi
A A A
REYKJAVIK - Pihak berwenang Islandia mengatakan sekitar 900 gempa bumi mengguncang wilayah selatan negara itu pada Senin (13/11/2023). Itu menambah puluhan ribu gempa bumi yang mengguncang wilayah tersebut dalam beberapa pekan terakhir ketika negara itu bersiap menghadapi letusan gunung berapi yang bisa menjadi besar.

Hampir 4.000 orang dievakuasi selama akhir pekan karena pihak berwenang khawatir batuan cair akan naik ke permukaan bumi dan berpotensi menghantam kota pesisir serta pembangkit listrik tenaga panas bumi.

“Saat ini kita menghadapi ketidakpastian yang luar biasa; apakah akan terjadi letusan dan jika demikian, kerusakan apa yang akan terjadi,” kata Matthew James Roberts, direktur divisi layanan dan penelitian di Kantor Meteorologi Islandia seperti dikutip dari Reuters.

Penduduk kota Grindavik menggambarkan mereka diusir dari rumah pada Sabtu dini hari ketika tanah berguncang, jalan retak dan bangunan mengalami kerusakan struktural.



Hans Vera, pria kelahiran Belgia berusia 56 tahun yang tinggal di Islandia sejak 1999, mengatakan rumah keluarganya terus-menerus diguncang gempa.

“Kamu tidak akan pernah stabil, selalu bergetar, sehingga tidak ada cara untuk tidur,” kata Vera, yang kini tinggal di rumah saudara iparnya di pinggiran kota Reykjavik.

“Bukan hanya masyarakat Grindavik yang terkejut dengan situasi ini, tapi seluruh Islandia,” ungkapnya.

Seorang petugas penyelamat mengatakan hampir seluruh penduduk kota yang berpenduduk 3.800 jiwa itu bisa mendapatkan akomodasi bersama anggota keluarga atau teman mereka, dan hanya antara 50 hingga 70 orang yang tinggal di pusat evakuasi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)