Mamalia Aneh Ini Kembali Muncul setelah 60 Tahun Tak Terlhat di Indonesia

Minggu, 12 November 2023 - 14:00 WIB
loading...
Mamalia Aneh Ini Kembali Muncul setelah 60 Tahun Tak Terlhat di Indonesia
Usai 60 Tahun tak terlhat di Indonesia, mamalia aneh ini muncul kembali. FOTO/ AFP
A A A
SIDNEY - Para ilmuwan menemukan kembali spesies mamalia yang telah lama hilang di Pegunungan Cyclops, Papua, Indonesia, lebih dari 60 tahun setelah terakhir kali tercatat.



Echidna berparuh panjang Attenborough, dinamai menurut aktivis lingkungan Inggris David Attenborough, difilmkan untuk pertama kalinya pada hari terakhir ekspedisi empat minggu yang dipimpin oleh sekelompok ilmuwan dari Universitas Oxford.

Ahli biologi James Kempton menemukan gambar hewan kecil yang berjalan melewati semak-semak di kartu memori terakhir yang diambil dari lebih dari 80 kamera jarak jauh.

“Tidak bisa digambarkan kegembiraan kami, dan juga kelegaan kami setelah sekian lama berada di lapangan tanpa kembali, hingga hari terakhir,” ujarnya.

Echidna memiliki nama yang sama dengan makhluk mitologi Yunani, dan digambarkan oleh tim ilmuwan sebagai makhluk pemalu dan aktif di malam hari.

“Ia termasuk dalam kelompok monotreme, sekelompok hewan bertelur yang terpisah dari spesies mamalia lainnya sekitar 200 juta tahun lalu,” kata Kempton.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2978 seconds (0.1#10.140)