Ganjar Pranowo Sambut Penetapan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional, Siapakah Sosok Penguasa dari Jepara Ini?

Minggu, 12 November 2023 - 11:52 WIB
loading...
Ganjar Pranowo Sambut Penetapan Ratu Kalinyamat Jadi Pahlawan Nasional, Siapakah Sosok Penguasa dari Jepara Ini?
Capres Ganjar Pranowo membagikan lukisan yang menggambarkan Ratu Kalinyamat melalui akun Instagram menyambut penetapannya sebagai Pahlawan Nasional. Foto/
A A A
JEPARA - Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo membagikan lukisan karya Jatmiko yang menggambarkan Ratu Kalinyamat melalui akun Instagramnya. Dengan antusias Ganjar menyambut pengakuan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional pada Hari Pahlawan.

Ganjar menekankan bahwa keberanian Retna Kencana, yang dikenal sebagai "Rainha de Japora," patut diapresiasi karena dapat menginspirasi generasi muda, terutama perempuan, dalam perjuangan, proses, dan kontribusi untuk kemajuan bangsa.



“Di Hari Pahlawan ini kita patut berbangga sang "Rainha de Japora" ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Keberanian perempuan bernama kecil Retna Kencana ini akan menginspirasi generasi muda khususnya kaum perempuan dalam berjuang, berproses, dan berkontribusi demi kemajuan bangsa,” tulis Ganjar dalam deskripsi foto tersebut pada Jumat (10/11/2023).



Pengumuman ini disampaikan sebagai bagian dari peringatan Hari Pahlawan, di mana Ratu Kalinyamat secara resmi diakui sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keppres No. 115-TK-TH-2023.

Terdapat enam nama lain yang juga mendapat pengakuan, termasuk Ida Dewa Agung Jambe dari Bali, Bataha Santiago dari Sulawesi Utara, Mohammad Tabrani dari Jawa Timur, Kiai Haji Abdul Chalim dari Jawa Barat, dan Kiai Haji Ahmad Hanafiah dari Lampung.



Ratu Kalinyamat menjadi satu-satunya perempuan di antara mereka yang diangkat sebagai pahlawan nasional.Lalu siapa sebenarnya sosok Ratu Kalimanyat yang ada dalam lukisan tersebut?

Profil Ratu Kalinyamat


Ratu Kalinyamat, dengan nama asli Retna Kencana, merupakan putri Sultan Trenggono, penguasa Kesultanan Demak.

Ratu Kalimanyat menyandang gelarnya sebagai penguasa Jepara membuatnya menjadi pemimpin perempuan pertama di wilayah tersebut sejak abad ke-16.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)