Sambangi Balai Kota, Ratusan Nelayan Tagih Janji Tolak Reklamasi

Selasa, 17 Oktober 2017 - 15:17 WIB
Sambangi Balai Kota, Ratusan Nelayan Tagih Janji Tolak Reklamasi
Sambangi Balai Kota, Ratusan Nelayan Tagih Janji Tolak Reklamasi
A A A
JAKARTA - Sekelompok massa yang menyebut dirinya sebagai Aliansi Korban Reklamasi Jakarta (AKAR Jakarta) melakukan aksi di depan Balai Kota DKI Jakarta. Mereka menagih janji Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Sandiaga S.Uno dalam Janji politiknya yakni menolak Reklamasi.

Seperti diketahui proyek reklamasi sempat dihentikan (moratorium) karena proses Amdal dan perizinan yang bermasalah serta pembangunan yang menyalahi aturan. ‎Namun beberapa pekan lalu, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mencabut penghentian sementara (moratorium) pembangunan 17 pulau reklamasi di Teluk Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, AKAR Jakarta menagih Janji Politik Anies-Sandi yang akan menolak reklamasi tersebut. "Kami meminta Gubernur DKI Jakarta yang kami pilih untuk tetap konsisten menolak reklamasi," kata seorang orator di atas mobil komando, Selasa (17/10/2017).

‎Juru Bicara tim advokasi AKAR Jakarta, Muhammad Taufikurahman, ‎menjelaskan jika aksi ini datang dari simpul-simpul nelayan yang dirugikan akibat adanya reklamasi di teluk Jakarta tersebut.

"Hari ini sesungguhnya kami mempertegas yang ada di janji-janji politik Anies-Sandi ketika massa kampanye lalu. Pidato Pertamapun beliau mempertegas bahwa air, darat, dan kepulauan itu diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat. Faktanya, hari ini reklamasi diperuntukkan untuk korporasi dan kelompok tertentu," tandasnya.

Kedatangan kelompok massa melakukan aksi di Balai Kota DKI Jakarta itu tak lain mengingatkan kembali dan meyakinkan Gubernur bahwa reklamasi itu berdampak merugikan bagi masyarakat, baik dari sektor ekonomi, politik dan sektor lainnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0651 seconds (0.1#10.140)