Anies-Sandi Diminta Buat Terobosan Atasi Kemacetan Ibu Kota

Senin, 16 Oktober 2017 - 21:53 WIB
Anies-Sandi Diminta Buat Terobosan Atasi Kemacetan Ibu Kota
Anies-Sandi Diminta Buat Terobosan Atasi Kemacetan Ibu Kota
A A A
JAKARTA - DPP Gerakan Muda Nurani Rakyat (Gemura) meminta gubernur dan wakil gubernur terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno bisa mengatasi kemacetan di Jakarta. Mengingat kemacetan di Jakarta sudah sangat parah dan bisa berdampak pada kegiatan sosial ekonomi masyarakat.

"Gemura akan mengawal Anies-Sandi guna memastikan janji janji politiknya kepada rakyat bisa dipenuhi," ujar Ketua Umum DPP Gemura Oktasari Sabil lewat siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (16/10/2017).

Salah satunya Gemura mengusulkan kepada Anies-Sandi untuk menerapkan sistem ganjil genap di semua jalur di DKI, bukan hanya jalur-jalur tertentu seperti saat ini yang justru menimbulkan kemacetan yang semakin parah.

Oktasari menilai, jika sistem ganjil genap diberlakukan di seluruh jalur, bisa menekan kemacetan hingga 50%. Penerapan ganjil genap nantinya tidak perlu lagi berpatokan pada plat nomor, tetapi dibuat stiker khusus yang ditempel di setiap kendaraan.

"Ini untuk mempermudah deteksi serta mencegah pemalsuan plat nomor. Dengan cara ini masyarakat yang mempunyai mobil lebih dari satu tidak boleh keluar garasi ke jalur manapun."

"Kalau sekarang kan punya mobil lima pun bisa kemana mana asal tidak melewati jalur khusus ganjil genap, ini yang memicu penumpukan kendaraan pada jalur tersebut. Sebuah kebijakan publik itu harus efektif, kalau tidak efektif untuk apa diberlakukan," sambung Oktasari.

Lantas bagaimana mengenai konsep penanganan kemacetan yang pernah ditawarkan Anies-Sandi saat kampanye dulu? "Saya kira itu baik , tapi kan itu untuk jangka panjang dan sasarannya lebih pada peningkatan kualitas pelayanan transportasi publik," jawabnya.

Ditambahkannya, keputusan Gemura mendukung Anies-Sandi dalam Pilkada DKI kemarin didasarkan pada keyakinan keduanya memiliki kapabilitas dan komitmen dalam melakukan perubahan di Jakarta. "Gemura akan terus mengawal kepemimpinan ini dengan menawarkan berbagai ide dan gagasan konstruktif," tutupnya.

Terakhir, dirinya beserta seluruh kader Gemura mengucapkan selamat bagi Anies-Sandi atas pelantikannya hari ini. "Gemura sekali lagi akan tetap konsisten mendukung untuk mencapai 'Maju Kotanya Bahagia Warganya'," tutup dia.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6347 seconds (0.1#10.140)