Resmi Jabat Gubernur, Anies Akan Wujudkan Nilai Luhur Pancasila

Senin, 16 Oktober 2017 - 21:53 WIB
Resmi Jabat Gubernur, Anies Akan Wujudkan Nilai Luhur Pancasila
Resmi Jabat Gubernur, Anies Akan Wujudkan Nilai Luhur Pancasila
A A A
JAKARTA - Dalam pidatonya di hadapan warga, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengatakan, Pancasila harus diaplikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Ibu Kota.

"Pancasila harus menjadi kenyataan di Ibu Kota," kata Anies di lapangan Blok G, Balai Kota DKI, Senin(16/10/2017).

Ia menjelaskan, bahwa sila-sila dalam Pancasila harus dirasakan dalam kehidupan sehari-hari. "Indonesia bukan negara berdasarkan atas satu agama, tetapi Indonesia bukan negara anti agama. Ketuhanan layaknya menjadi landasan (dalam kehidupan berbangsa bernegara sehari-hari) sebagaimana sila pertama Pancasila," ujar Anies.

Dia melanjutkan, pihaknya juga akan mempraktikkan sila kedua Pancasila, yakni kemanusiaan yang adil dan beradab. Dalam konteks ini, Anies berjanji akan mewujudkan tata kota yang memerhatikan aspek kemanusiaan.

Selain itu, Anies juga mengajak seluruh rakyat Jakarta untuk mempraktikan sila ketiga Pancasila, yakni persatuan Indonesia. Menurut dia, persatuan antar sesama masyarakat mulai luntur seiring berjalannya waktu.

Karenanya, penting bagi rakyat Jakarta untuk menghilangkan sekat-sekat perbedaan yang ada. "Kita runtuhkan sekat-sekat antara ruang yang berkemampuan ekonomi (dengan yang tidak mampu). Mari kita wujudkan Jakarta yang bersatu. Dalam mewujudkan prinsip itu kita kembalikan musyawarah mufakat sebagai tradisi sesuai sila keempat," ucapnya.

Anies menambahkan, pihaknya juga akan mewujud-nyatakan sila keempat Pancasila, yakni kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Satu di antara penerapannya Anies berjanji akan menghidupkan kembali majelis warga.

"Majelis warga akan dihidupkan kembali. Semua majelis waga dihidupkan kembali. Kota ini harus dengarkan kata rakyat. Ada banyak majelis kita hidupkan. Musyawarah kota untuk menghadirkan kesepakatan. Dalam kesepakatan itu terdapat tuah kebermanfaatan," tuturnya.

Dan yang paling penting, lanjutnya, Anies akan mewujudkan sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia pun mengaku akan terus memperjuangkan keadilan bagi seluruh warga Ibu Kota.

"Ini paling penting. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Itulah yang akan kita jadikan pondasi persatuan di Jakarta," tutup Anies.

Warga yang hadir, turut meneriakkan takbir dan membenarkan apa yang disampaikan Anies saat berpidato. "Betul pak. Allahu Akbar," kata salah seorang warga.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4548 seconds (0.1#10.140)