Kasat Resnarkoba Polresta Bandara Soetta Raih Pin Emas Kapolri

Minggu, 15 Oktober 2017 - 02:27 WIB
Kasat Resnarkoba Polresta Bandara Soetta Raih Pin Emas Kapolri
Kasat Resnarkoba Polresta Bandara Soetta Raih Pin Emas Kapolri
A A A
JAKARTA - Kasat Resnarkoba Polresta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Kompol Martua Silitonga menjadi salah satu dari 43 anggota Polri dan dua anggota TNI yang mendapatkan penghargaan dari Kapolri Jendral Tito Karnavian. Martua Silitonga menjadi anggota berprestasi lantaran berhasil mengungkap kasus penyelundupan dan peredaran narkotika jaringan Nigeria-Benin-Jakarta dengan modus Swallow.

"Hari ini sangat membahagiakan, ada 43 polisi dan dua TNI diberi penghargaan karena telah melaksanakan tugas dan mengukir prestasi melebihi panggilan tugasnya," ujar Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 13 Oktober 2017.

Adapun penerima penghargaan terbanyak berasal dari Polresta Bandara Soetta. Salah satu yang berhak atas Pin Emas dari Kapolri adalah Kompol Martua Silitonga.

Total barang bukti yang berhasil diamankan Martua Silitonga 139 kapsul berisi sabu 2.347 gram. Dua orang ditangkap, yaitu WNA Republik Benin dan Ghana. Satu di antaranya diambil tindakan tegas karena melawan petugas.

Dalam karirnya di kepolisian, mantan Kasat Resnarkoba Polres Pelabuhan Tanjung Priok ini cukup gemilang. Pada 2015, dia mengungkap jaringan narkoba internasional (China, Kuala Lumpur dan Jakarta) dengan barang bukti 94 kg sabu dan 112.189 butir ekstasi.

Di tahun 2016, Kompol Martua juga mengungkap kasus sabu dalam mesin blower yang dikembangkan ke Ruko Arcadia Batu Ceper dan Provinsi Bali dengan barang bukti 72.343,8 gram. Dalam kasus ini, dia butuh waktu 6 jam untuk membongkar mesinnya.

Ditahun yang sama, jebolan SMA Taruna Nusantara Magelang ini dianugerahi Tanda Kehormatan Satyalancana Operasi Kepolisian dari Pesiden RI Joko Widodo karena telah mengungkap jaringan narkoba internasional Guangzhou China, Hongkong, Kuala Lumpur dan Jakarta.

Tahun 2016 pria kelahiran Sintang 4 Oktober 1982 ini mengungkap 61.551 butir ekstasi, 41.960 happy five dan 1.012 gram sabu. Menariknya lagi, dia juga berhasil mendapatkan penghargaan MURI atas rekor Pelantikan Duta Anti Narkoba kepada Awak Pesawat Terbanyak pada tahun 2017.‎
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4841 seconds (0.1#10.140)