alexa snippet

Tanah Longsor di Depan Menara Saidah, Ini Kata PT Adhi Karya

Tanah Longsor di Depan Menara Saidah, Ini Kata PT Adhi Karya
Lokasi tanah longsor di proyek tiang pancang LRT di depan Menara Saidah, Cawang. Foto: Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Lereng galian pondasi pembangunan tiang pancang proyek light rail transit (LRT) dan flyover Pancoran, Jakarta Selatan, longsor saat hujan deras mengguyur Jakarta, Kamis (12/10/2017) sore.

Untuk mengatasi tanah longsor yang persis berada di depan Menara Saidah itu, pekerja proyek LRT langsung membersihkan lokasi yang tertimbun longsoran tanah. Ada juga yang memecahkan runtuhan turap menggunakan palu agar pengerjaan proyek bisa berjalan kembali dengan lancar dan proyek bisa segera rampung.

Corporate Secretary PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Ki Syahgolang Permata, selaku perusahaan kontraktor proyek LRT mengatakan, peristiwa itu merupakan kejadian longsor dari dinding penahan tanah eksisting di depan pagar Menara Saidah yang masuk ke area pekerjaan proyek LRT. Tapi kejadian itu tidak berpengaruh terhadap tiang maupun pondasi LRT.

"Dengan kejadian ini, kami melakukan penutupan pada lereng di sisi Menara Saidah untuk mencegah intrusi air. Telah dilakukan pembersihan dari tanah yang menimpa area pekerjaan LRT," ujar Ki Syahgolang melalui siaran persnya, Jumat (13/10/2017).

Di lokasi longsor juga telah dilakukan penguatan pada dinding di sisi Menara Saidah. Setelah itu pekerjaan pembesian pile cap pondasi dan tiang LRT dilanjutkan sesuai dengan rencana.

"Kejadian ini tak berdampak pada bangunan Menara Saidah mengingat jaraknya jauh dan tidak mempengaruhi lalu lintas di sekitar MT Haryono," tandasnya. (Baca:Longsor di Tiang Pancang LRT, Menara Saidah Dipastikan Aman)
(thm)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top