Biografi dan Profil Ratu Kalinyamat, Penguasa Laut Utara Bergelar Pahlawan Nasional

Jum'at, 10 November 2023 - 13:32 WIB
loading...
Biografi dan Profil Ratu Kalinyamat, Penguasa Laut Utara Bergelar Pahlawan Nasional
Ratu Kalinyamat merupakan penguasa Jepara yang berani melawan penjajah Portugis di Malaka. Foto/Ist/Wikipedia
A A A
JAKARTA - Biografi dan profil Ratu Kalinyamat menarik diulas. Pasalnya, ia merupakan sosok pemegang peranan penting di Jepara, Jawa Tengah pada zaman kolonial.

Ratu Kalinyamat adalah salah satu tokoh wanita yang berjasa dalam sejarah Indonesia. Ia merupakan penguasa Jepara yang berani melawan penjajah Portugis di Malaka.

Ratu Kalinyamat juga dikenal sebagai wanita tangguh yang mampu memimpin armada laut yang besar dan kuat. Berkat keberaniannya dalam melawan penjajah, Ratu Kalinyamat dari Jepara, Jawa Tengah, dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional .



Gelar tersebut diberikan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 10 November 2023. Untuk mengenal lebih dekat dengan sosok sang ratu, simak biografi dan profilnya dalam ulasan berikut ini.

Biografi dan Profil Ratu Kalinyamat


Ratu Kalinyamat merupakan putri dari Sultan Trenggana, raja ketiga Kerajaan Demak. Ia menjadi seorang penguasa perempuan di Jepara pertama sejak abad ke-16.

Ratu Kalinyamat juga termasuk cucu dari Raden Patah, pendiri dari Kerajaan Demak. Raden Patah mempunyai empat orang putra. Putra sulungnya diberi nama Ratu Mas, sedangkan putra keduanya bernama Adipati Unus yang kemudian menjadi raja kedua Kerajaan Demak.

Putra ketiganya adalah Pangeran Seda Lepen. Ia kemudian mempunyai seorang putra yang bernama Arya Penangsang. Sedangkan Putra terakhir dari Raden Patah adalah Pangeran Trenggana.



Nama asli Ratu Kalinyamat adalah Ratna Kencana. Ia lahir sekitar tahun 1520 di Demak. Nama Kalinyamat sendiri diambil dari nama suatu tempat di daerah Jepara yang merupakan daerah kekuasaannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)