Jelang Pelantikan, Anies-Sandi Diminta Komitmen Hentikan Reklamasi

Kamis, 12 Oktober 2017 - 12:30 WIB
Jelang Pelantikan, Anies-Sandi Diminta Komitmen Hentikan Reklamasi
Jelang Pelantikan, Anies-Sandi Diminta Komitmen Hentikan Reklamasi
A A A
JAKARTA - Gerakan Anak Negeri (GAN) mendesak pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno bila sudah dilantik nanti sebagai Gubernur dan Wagub DKI Jakarta berpegang komitmen menghentikan reklamasi teluk Jakarta.

Ketua Presidium GAN Pedri Kasman mengatakan, pihaknya dengan tegas menolak reklamasi teluk Jakarta dan meminta Gubernur dan Wakil Gubernur Anies-Sandi memegang teguh komitmen menghentikan reklamasi.

"Alasannya, proyek ini bertentangan dengan prinsip pembangunan ramah lingkungan dan pembangunan berkelanjutan (sustainable development)," ujarnya pada SINDOnews, Kamis (12/10/2017).

Kedua, kata dia, proyek itu sejak awal terindikasi bermasalah serius dari sisi kepatuhan terhadap perundangan-undangan dan perizinan yang lazim. Ketiga, telah terbukti ada korupsi di balik proyek ini.

Bahkan, bebernya, telah ada terpidananya dari oknum anggota DPRD DKI Jakarta dan pengembang. Kasus itu terindikasi mega korupsi melibatkan banyak pihak dan orang-orang besar di negeri ini. Maka, harus dituntaskan dahulu semua sengkarut memalukan itu.

"Empat, proyek ini nyaris tak ada untungnya bagi rakyat banyak. Kecuali, hanya bagi sekelompok elit dan komunitas tertentu," katanya.

Dia menambahkan, apa pun ceritanya, kepentingan rakyat dan keselamatan lingkungan alam Indonesia jangka panjang itu prioritas utama untuk diperjuangkan. "Anies-Sandi terang telah berjanji menghentikan reklamasi teluk Jakarta dalam kampanyenya terdahulu," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0310 seconds (0.1#10.140)