11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine

Kamis, 09 November 2023 - 12:49 WIB
loading...
11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine
Daily Dose of Sunshine adalah drama Korea yang mengulas banyak gangguan kesehatan mental dalam tiap episodenya. Foto/Netflix
A A A
JAKARTA - Drama Korea Daily Dose of Sunshine memotret sedikitnya 11 gangguan kesehatan mental yang dialami para karakternya, baik itu pasien maupun perawatnya.

Daily Dose of Sunshine adalah serial 12 episode yang tayang di Netflix. Kisahnya diadaptasi dari cerita webtoon yang ditulis oleh mantan perawat bernama Iraha. Adapun kisahnya menggambarkan kehidupan sehari-hari di Poli Kesehatan Jiwa Rumah Sakit Universitas Myungshin.

Kisah diceritakan dari sudut pandang Jung Da-eun (Park Bo-young), perawat baru di Poli Kesehatan Jiwa. Tiap episodenya, ia dan para perawat lainnya akan menemui kasus-kasus gangguan kesehatan jiwa yang berbeda.



Selain membuat penonton mengenal jenis-jenis gangguan kesehatan mental, serial ini juga menunjukkan bahwa semua orang bisa mengalami gangguan tersebut. Bahkan perawat dan dokter yang menangani pasien kesehatan mental pun bisa mengalaminya.

Daily Dose of Sunshine juga memotret stigma buruk tentang penderita gangguan kesehatan jiwa yang masih kuat berakar di tengah masyarakat. Ini yang membuat mereka semakin tertekan karena tidak diterima masyarakat sekitar.

Berikut ini 11 gangguan kesehatan jiwa/mental yang diceritakan dalam drama KoreaDaily Dose of Sunshine.

1. OCD

11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine

Foto: Netflix

Dalam pembuka episode 1, sekilas digambarkan bahwa Dong Go-yun (Yeon Woo-jin), dokter proctologist (spesialis penyakit anus, rektum, dan usus besar) yang bekerja di Rumah Sakit Universitas Myungshin menderita Obsessive-compulsive disorder (OCD).

OCD adalah gangguan yang membuat seseorang memiliki pemikiran dan dorongan yang sulit dikontrol, berujung pada melakukan tindakan yang repetitif. Dalam hal ini, Go-yun kerap mematahkan buku-buku jarinya hingga sulit dihentikan.

Saat berkonsultasi, Go-yun mengatakan bahwa gangguan OCD yang dialaminya tidak mengganggu hubungan sosialnya, tapi ia merasa orang-orang jadi membencinya.

2. Bipolar

11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine

Foto: Netflix

Masih dari episode 1, pasien bernama Oh Ri-na (Jung Woon-sun) didiagnosis menderita bipolar. Ini adalah gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sangat ekstrem, dari situasi sangat bersemangat secara fisik dan mental (mania/manic) menjadi sedih dan lemas (depresi).

Dalam cerita ini, Ri-na digambarkan memiliki ibu yang selalu mengatur kehidupan anaknya, dari soal makanan hingga memilih suami. Ri-na jadi merasa tak punya kesempatan untuk mengenali perasaan dan keinginannya sendiri.

3. Delusi

11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine

Foto: Netflix

Gangguan delusi (tidak bisa membedakan kenyataan dan khayalan) dialami dua pasien, yaitu Kim Seo-wan (Roh Jae-won) yang diceritakan pada episode 1, dan Jung Ha-ram (Kwon Han-sol) dalam episode 4. Seo-wan hidup dalam dunia game, sedangkan Ha-ram merasa Da-eun mencuri uangnya sebesar 30 juta won (Rp358,9 juta)

Seo-wan diceritakan gagal lolos dari ujian masuk PNS sebanyak tujuh kali, membuatnya selalu tertekan. Padahal, orang tuanya menganjurkan agar anaknya itu mencari pekerjaan lain saja. Sedangkan Ha-ram adalah korban penipuan uang, padahal ia sudah susah payah hidup dengan makan seadanya demi bisa mengumpulkan uang.

Yang menarik, dalam drama ini para perawat dan dokter tidak boleh menyangkal delusi atau pernyataan yang diucapkan oleh dua pasien itu. Mereka hanya boleh berkomentar dengan nada simpati, misalnya dengan mengatakan, "Oh, begitu, ya" atau mengalihkan percakapan dengan mengajukan pertanyaan lain.

4. Gangguan Kecemasan

11 Gangguan Kesehatan Mental dalam Drakor Daily Dose of Sunshine

Foto: Netflix

Dalam episode 2, pasien Kim Sung-shik (Jo Dal-hwan) diceritakan mengidap gangguan kecemasan. Sahabat Da-eun, yaitu Song Yu-chan (Jang Dong-yoon) juga mengalami hal yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)