Kebakaran Lahan di Gunung Kawi Malang, Petugas Gabungan Dikerahkan

Rabu, 08 November 2023 - 16:01 WIB
loading...
Kebakaran Lahan di Gunung Kawi Malang, Petugas Gabungan Dikerahkan
Petugas BPBD Kabupaten Malang Sadono melakukan penyisiran dan pemadaman di Gunung Kawi, Kabupaten Malang. Foto/MPI/Avirista Midaada
A A A
MALANG - Lahan hutan pada kawasan Gunung Kawi di wilayah Kabupaten Malang terbakar. Titik api bahkan terlihat dari kejauhan sejak Selasa 7 November 2023 malam.

Tampak dari video yang beredar di media sosial dan pesan berantai, api terlihat cukup jelas dan besar dari lereng Gunung Kawi, di kawasan Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan membenarkan, adanya peristiwa kebakaran di kawasan hutan dan lahan Gunung Kawi. Menurutnya, informasi kebakaran itu diterima sekitar pukul 20.35 WIB.



”Dari informasi yang kami terima kebakaran terjadi sekitar pukul 20.35 WIB, Selasa malam di hutan lindung blok Batu Tulis, Wagir, masuk Kabupaten Malang,” kata Sadono Irawan, Rabu (8/11/2023).

Sadono menambahkan, api muncul tepatnya di petak 193, kawasan hutan lindung Blok Batu Tulis, BKPH Kepanjen, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Namun hingga kini dugaan kemunculan api itu belum diketahui asal usulnya.

”Titik api terlihat di area seputar Batu Tulis Gunung Kawi petak 193, dan sumber api penyebab kebakaran masih belum di ketahui. Dampak area terbakar masih pendataan,” kata dia.

Pihaknya telah menerjunkan 16 personel gabungan dari BPBD, TNI Polri, KPRH, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari Sumber, dan relawan. Mereka bergerak menuju lokasi titik api sekitar pukul 00.33 WIB.

”Hingga kini api masih belum padam. Belum ada laporan situasi lanjutan karena sinyal di sana sulit,” tukasnya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1109 seconds (0.1#10.140)