IMF Merevisi Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi China di 2023 dan 2024

Rabu, 08 November 2023 - 11:42 WIB
loading...
IMF Merevisi Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi China di 2023 dan 2024
Dana Moneter Internasional atau IMF merevisi proyeksi ekonomi China pada tahun 2023 menjadi lebih baik, seiring pemulihan pasca Covid yang terus berjalan. Foto/Dok Reuters
A A A
BEIJING - Dana Moneter Internasional atau IMF memperkirakan, ekonomi China pada tahun 2023 akan tumbuh 5,4% seiring pemulihan pasca Covid-19 yang terus berjalan. Angka tersebut merupakan revisi dari proyeksi IMF yang sebelumnya sebesar pertumbuhan 5% dan tahun depan bakal sedikit lebih lamban.



IMF mengatakan, berlanjutnya pelemahan di sektor properti dan permintaan eksternal yang lemah dapat membatasi pertumbuhan produk domestik bruto menjadi 4,6% pada 2024, yang masih lebih baik dari perkiraan 4,2% sebelumnya dalam World Economic Outlook (WEO), yang diterbitkan pada Oktober, lalu.

Revisi ke atas ini, mengikuti keputusan China untuk menyetujui penerbitan obligasi negara 1 triliun yuan (USD137 miliar) dan memungkinkan pemerintah daerah untuk memuat sebagian dari kuota obligasi 2024 mereka, dalam sebuah langkah untuk mendukung ekonomi.

"Kami telah merevisi pertumbuhan sebesar 0,4 poin persentase, relatif naik terhadap proyeksi WEO Oktober kami, mencerminkan pertumbuhan yang lebih kuat dari perkiraan pada kuartal ketiga dan dukungan kebijakan baru yang belum lama diumumkan," kata Wakil Direktur Pelaksana Pertama IMF, Gita Gopinath di Beijing.



Dalam jangka menengah, pertumbuhan diproyeksikan secara bertahap melambat menjadi sekitar 3,5% pada tahun 2028 di tengah hambatan dari lemahnya produktivitas dan populasi China yang mulai menua. Gopinath mengatakan, pada konferensi pers untuk menandai rilis tinjauan "Pasal IV" dana tersebut terhadap kebijakan ekonomi China.

China telah memperkenalkan banyak kebijakan untuk mendukung pasar properti, tetapi dibutuhkan lebih banyak untuk mengamankan pemulihan yang lebih cepat dan biaya ekonomi yang lebih rendah untuk menurunkannya ke ukuran yang lebih berkelanjutan.

"Untuk sektor real estat, paket kebijakan semacam itu akan membutuhkan percepatan keluarnya pengembang properti yang tidak layak, menghilangkan hambatan untuk penyesuaian harga perumahan, dan meningkatkan pendanaan pemerintah pusat untuk penyelesaian permasalahan sektor perumahan, di antara langkah-langkah lainnya," kata Gopinath.

Sementara itu menurut para ekonom, kombinasi penurunan di sektor properti dan krisis utang pemerintah daerah dapat menghapus sebagian besar potensi pertumbuhan jangka panjang China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)