Ekonomi China Masih Rapuh Meski Perdagangan Surplus Rp884 Triliun

Rabu, 08 November 2023 - 08:58 WIB
loading...
Ekonomi China Masih Rapuh Meski Perdagangan Surplus Rp884 Triliun
Pertumbuhan impor China menunjukkan bahwa permintaan domestik mulai pulih meskipun penurunan ekspor merupakan kekecewaan besar. FOTO/Reuters
A A A
JAKARTA - Data perdagangan China untuk bulan Oktober memberikan gambaran yang beragam untuk prospek ekonomi, karena kenaikan impor yang tidak terduga diimbangi tanda-tanda bahwa permintaan global untuk barang-barang China berjuang untuk mendapatkan daya tarik.

Impor China naik 3% dari tahun sebelumnya bulan lalu, kenaikan pertama dalam delapan bulan terakhir dan berlawanan dengan perkiraan konsensus mengalami penurunan. Pengiriman ke luar negeri turun 6,4%, lebih buruk dari ekspektasi. Surplus perdagangan yang dihasilkan adalah USD56,5 miliar atau Rp884 triliun.



Data tersebut menggarisbawahi kerapuhan ekonomi dalam tiga bulan terakhir tahun ini. Pertumbuhan impor menunjukkan bahwa permintaan domestik mungkin mulai pulih, tetapi penurunan ekspor merupakan kekecewaan besar untuk periode yang seharusnya lebih menguntungkan pada Oktober ini dibandingkan dengan satu bulan di tahun 2022 ketika pandemi dan kontrol untuk mengatasinya mengganggu logistik dan produksi.

"Kondisi ekspor masih rapuh," kata Kepala Ekonom untuk China Raya dan Asia Utara dari Standard Chartered, Ding Shuang, dilansir Financial Review, Rabu (8/11/2023).

"Kami membutuhkan lebih banyak data aktivitas riil untuk memverifikasi apakah data impor yang kuat mengindikasikan pemulihan permintaan domestik."

Para investor menilai keberlanjutan pemulihan ekonomi China meskipun angka-angka baru-baru ini telah menunjukkan perbaikan, rebound masih belum pasti di tengah rendahnya kepercayaan konsumen dan bisnis.

Data ekonomi untuk bulan Oktober menunjukkan pelemahan di sektor manufaktur dan jasa. Statistik resmi minggu ini kemungkinan akan menunjukkan harga konsumen kembali mengalami deflasi bulan lalu.

Perekonomian di tempat lain di kawasan ini telah memberikan beberapa tanda positif untuk perdagangan. Ekspor Korea Selatan yang dipandang sebagai penentu permintaan global dan ekspor Asia naik untuk pertama kalinya sejak akhir tahun lalu pada bulan Oktober. Hal ini mendorong harapan akan peningkatan dalam industri teknologi seperti semikonduktor.



Berdasarkan data Bea Cukai, Ekspor China ke AS turun 8,2% dalam 10 bulan pertama dari tahun lalu dalam bentuk dolar AS. Sementara ekspor ke Uni Eropa turun 12,6%. Kepala strategi FX Asia di Mizuho Bank Ken Cheung mengatakan kontrol PBOC yang kuat terhadap penetapan nilai tukar yuan harian untuk mendukung penguatan mata uang pada tingkat yang belum pernah terjadi selama lebih dari satu dekade dapat merusak daya saing ekspor China dan mendorong impor.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)