Berdayakan Penghuni Rusun, DKI Akan Luncurkan Batik Khas Sendiri

Senin, 02 Oktober 2017 - 14:17 WIB
Berdayakan Penghuni Rusun, DKI Akan Luncurkan Batik Khas Sendiri
Berdayakan Penghuni Rusun, DKI Akan Luncurkan Batik Khas Sendiri
A A A
JAKARTA - Dalam rangka Hari Batik Nasional, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana meluncurkan batik khas Jakarta pada Kamis (5/10/2017) mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan, kerajinan batik di Tanah Air masih menjadi primadona. Apalagi setiap daerah memiliki motif yang khas.

"Kemarin saya ke Banyuwangi, saya senang sekali bahwa masing masing daerah itu masih mengembangkan motif batiknya sendiri-sendiri dan melibatkan para perajin," ungkap Djarot di Jakarta, Senin (2/10/2017).

Di Jakarta, kata Djarot, Pemprov DKI bisa melatih penghuni rumah susun (rusun) untuk mengembangkan batik khas sendiri. Karena itu, Djarot akan meluncurkan motif batik khas Jakarta dalam waktu dekat.

"Malam Jumat akan kami luncurkan Batik Jakarta di Monas Jakarta Fountain. Ini upaya kami melestarikan batik supaya tidak kalah dengan batik impor," tandasnya.

Menurut mantan Wali Kota Blitar, tidak semua orang bisa membuat batik tulis. Butuh keterampilan khusus dan pengalaman untuk menghasilkan karya-karya terbaik batik tulis.

"Ingat ya, yang bisa membatik itu hanya orang Indonesia yang bagus. Batik tulis terutama. Oleh sebab itu, saya yakin dengan adanya proses regenerasi ini, batik tulis kita akan semakin baik," tuturnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6050 seconds (0.1#10.140)