Profil Brigjen Armia Fahmi, Sosok Wakapolda Baru di Aceh

Senin, 06 November 2023 - 14:05 WIB
loading...
Profil Brigjen Armia Fahmi, Sosok Wakapolda Baru di Aceh
Brigjen Armia Fahmi saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah Aceh. Foto/Instagram @polres.acehutara
A A A
JAKARTA - Brigjen Armia Fahmi telah dipercaya untuk menjadi Wakil Kepala Kepolisian Daerah Aceh. Dia mengemban jabatan tersebut sejak penetapan mutasi yang berlangsung pada 26 September 2023.

Hal tersebut membuat Brigjen Armia kembali ke tanah kelahirannya setelah beberapa tahun menjalankan dinas ke luar kota, tepatnya di Mabes Polri Jakarta dan Sumatera Utara.

Dengan ditunjuknya Armia sebagai Wakapolda Aceh membuat dirinya mendapat pangkat baru, yakni Brigadir Jenderal. Berikut profilnya.

Profil Brigjen Armia Fahmi


Armia Fahmi lahir pada 12 Oktober 1966, di Banda Aceh. Dia merupakan salah satu lulusan Akpol 1990 yang punya pengalaman dalam bidang SDM.



Sebagai seorang yang telah menyandang pangkat jenderal bintang satu, tentunya Armia telah memiliki pengalaman yang cukup mumpuni di kepolisian. Bahkan, dirinya sempat dipercaya untuk menjabat sebagai Liaison Officer (LO/perwira penghubung) Polri di kantor kedutaan besar Malaysia.

Dalam riwayat kariernya, Armia cukup banyak menempati jabatan di wilayah Sumatera Utara. Mulai dari Padalops Satgas B, PS. Kapolsek Labuhan Polres Deliserdang, Kapolsekta Medan, Wakapolres Tapanuli Tengah, Wakapolres Asahan, hingga Kasubbid Provos Bid Propam di Polda Sumut.

Jabatannya di Aceh bukan hanya ketika dirinya menjabat sebagai Wakapolda saja. Armia Fahmi sebelumnya punya pengalaman yang cukup banyak di wilayah tempat kelahirannya itu.



Dia pernah menjabat sebagai Kabag Binops Roops, Kapolres Gayo, Kapolres Aceh Tamiang, dan KA SPN Polda Aceh.

Setelah cukup lama menetap di Aceh, Armia kembali harus ke luar kota dalam tugas dinas ketika dipercaya untuk menjabat sebagai Kabag Pamwal Roprovos Divpropam Polri di tahun 2018.

Setelah setahun, dia lalu dipercaya untuk mengisi posisi Analis Kebijakan Madya Bidang Provos Divpropam Polri di tahun 2019, sebelum akhirnya kembali dipindahkan ke Sumatera Utara untuk menjabat sebagai Irwasda Polda Sumut pada 2020.

Dua tahun kemudian, Armia mendapat amanat untuk mengemban tugas PLH. Kapolrestabes Medan. Hingga pada September 2023, dirinya harus kembali ke Aceh untuk menjadi Wakapolda menggantikan Brigjen Syamsul Bahri.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1426 seconds (0.1#10.140)