Jakarta Masih Banjir saat Hujan, Djarot Panggil Pemilik Utilitas

Jum'at, 29 September 2017 - 06:08 WIB
Jakarta Masih Banjir saat Hujan, Djarot Panggil Pemilik Utilitas
Jakarta Masih Banjir saat Hujan, Djarot Panggil Pemilik Utilitas
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat akan memanggil seluruh pemilik utilitas (kabel di jaringan bawah tanah) di Ibu Kota untuk menghadapi musim penghujan. Penataan trotoar harus dibarengi dengan penataan utilitas agar tidak membahayakan masyarakat.

Djarot mengatakan, untuk menghadapi musim penghujan pihaknya sudah meminta Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, Dinas Kehutanan dan Dinas terkait lainnya, untuk mengecek semua saluran air, tali air, penopinan pohon, dan sebagainya.

Pekan depan, Djarot merencanakan memanggil dan mengumpulkan penyedia utilitas di Jakarta untuk membuat komitmen bersama melakukan penataan utilitas.

"Semua utilitas kami minta dimasukkan ke dalam ductin yang sudah dibuat dalam penataan trotoar. Semua harus berkomitmen memindahkanya ke ducting. Jadi tidak ada lagi korban ketika hujan tersengat kabel," kata Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Djarot mengatakan, genangan yang muncul pada saat hujan Rabu (27/9) lalu menjadi bahan evaluasi untuk menghadapi musim penghujan yang sesungguhnya. Menurutnya, genangan tersebut akibat tersumbatnya saluran air dan tali air. Untuk itu, dia meminta pengecekan saluran dan tali air dilakukan secara rutin.

"Genangan yang terjadi itu bagus buat kita. Ini persiapan menghadapi musim hujan yang sesunguhnya," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menyatakan siap menhadapi musim penhujan dengan memulai siagakan pompa-pompa air yang tersebar di lima wilayah kota. Dari 451 pompa yang berfungsi, hanya sekitar 15 pompa yang mengalami kerusakan.

"Pompa yang aktif mampu mengurangi debit air dengan cepat. Kami sudah koordinasikan dengan suku dinas (sudin) untuk siagakan seluruh pompa," pungkasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6046 seconds (0.1#10.140)