Banyak yang Pensiun, DKI Jakarta Kekurangan 14.000 Guru

Rabu, 27 September 2017 - 19:09 WIB
Banyak yang Pensiun, DKI Jakarta Kekurangan 14.000 Guru
Banyak yang Pensiun, DKI Jakarta Kekurangan 14.000 Guru
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Agus Suradika mengatakan, jumlah guru di DKI Jakarta masih kurang. Pasalnya, belasan ribu guru telah pensiun.

"Jadi guru kita itu menurut analisis jabatan dan perubahan kerja butuh 46 ribu guru untuk semua DKI. Kenyataannya ada pensiun dan sebagainya. Guru kita sekarang itu tinggal 32 ribu perlu 14 ribu guru," kata Agus di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Agus menjelaskan, Jakarta kekurangan tenaga pengajar lantaran setiap tahun ada guru yang purna tugas. Ditambah lagi, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) belum memberitahukan soal formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk Jakarta.

"Kenapa? Karena tiap tahun ada yang pensiun. 2018 besok itu ada lagi yang pensiun 2.160an. Itu guru juga. Sehingga kita perlu memikirkan startegi daruratnya seperti apa. Karena Menpar belum memberikan formasi untuk DKI Jakarta," tambahnya.

Maka itu, kata dia, pihaknya tengah berkoordinasi mengenai hal tersebut. Agar, kata dia, Kemenpan RB memberikan formasi PNS untuk DKI Jakarta.

"Kami Terus diskusi dengan Menpan RB untuk melihat fakta bahwa kita butuh guru. Agar kita berharap strategi darurat 2018 itu baru bisa isi di awal saat pengajaran baru. Sehingga pengajaran baru belum ada guru juga," katanya.

Selain Kemenpan RB, kata dia, Pemprov DKI juga tengah berdiskusi dengan legislatif. "Maka akan kita buat strategi darurat. Atau yang kita sebut itu regulasi yang ada dengan menggunakan diskresi gubernur. Substansi nya sedang kita diskusikan dengan DPRD juga," tuturnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5161 seconds (0.1#10.140)