Tadabbur An-Nur Ayat 24: Lidah, Tangan dan Kaki Kelak Akan Bersaksi di Akhirat

Jum'at, 03 November 2023 - 15:16 WIB
loading...
Tadabbur An-Nur Ayat 24: Lidah, Tangan dan Kaki Kelak Akan Bersaksi di Akhirat
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni, Dai lulusan Al-Azhar Mesir. Foto/RHS
A A A
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Pada lanjutan tadabbur Surat An-Nur ini Allah menerangkan bahwa orang-orang jahat yang membantah dan mengingkari perbuatan buruknya di dunia, kelak anggota tubuhnya akan menjadi saksi di Akhirat. Lidah, tangan dan kaki mereka akan bersaksi menceritakan apa-apa yang mereka kerjakan di dunia.

Berikut firman-Nya:

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ اَلْسِنَتُهُمْ وَاَيْدِيْهِمْ وَاَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ


Artinya: "Pada hari (Ketika) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan." (QS. An-Nur Ayat 24)

Pesan dan Hikmah
1. Jika di dunia lisan menjadi alat bicara sesuai yang kita kehendaki dan mau. Namun nanti di hari Akhirat, lisan akan bicara bukan atas keingian kita dan kita tidak ada kemampuan mengendalikannya. Dia akan berbicara sesuai kehendak Allah, dimana ia akan bersaksi.

2. Jika ada seorang atasan memerintahkan seorang anak buahnya untuk berdiri lalu diapun berdiri secara spontanitas, maka Allah pun lebih bisa untuk memerintahkan segala hal yang diciptakan-Nya. Hal ini seperti dijelaskan dalam ayat 16 Surat Ghaafir, "Kepunyaan siapakah hari ini, kepuanyaan Allah yanh Maha Esa dan Maha Menaklukan."

3. Bahkan tangan dan kaki pun dikehendaki Allah bisa berbicara untuk memberikan kesaksian atas apa yang dilakukan tuannya ketika di dunia. Semua tunduk dengan perintah Allah. Padahal tangan dan kaki ketika di dunia tidak bisa berbicara. Allah Maha Kuasa yang membuatnya bisa berbiacara. Seakan tangan dan kaki itu memiliki rekaman atas segala yang dilakukannya dan akan berbicara sebagai saksi atas apa yang dikerjakan kedua anggota tubuh tersebut. Lebih detil lagi dijeaskan dalam Surat Fushshilat ayat 21: "Dan mereka berkata kepada kulit mereka: Mengapa kamu menjadi saksi terhadap kami?" Kulit mereka menjawab: "Allah yang menjadikan segala sesuatu pandai berkata telah menjadikan kami pandai (pula) berkata, dan Dia-lah yang menciptakan kamu pada kali yang pertama dan hanya kepada-Nyalah kamu dikembalikan." Jadi segala sesuatu di alami ni dapat berbicara, seperti semut, burung Hud-Hud, bahkan segala sesuatu itu bertasbih.

4. Jadikan segala sesuatu yang ada di alam semesta termasuk anggota tubuh kita sebagai saksi atas kebaikan dan ketaatan kita. Jangan pernah melakukan kejahatan sekecil apapun agar mereka tidak ada kesempatan bersaksi atas hal itu.

(Bersambung)!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2045 seconds (0.1#10.140)